Ledakan Dahsyat di Wuhan Disembunyikan Pemerintah China, Ini Faktanya

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi ledakan. (Lilis Khalisotussurur)


    Lancang Kuning – Beredar video ledakan dahsyat yang diklaim terjadi di Wuhan. Ledakan itu juga disebut disembunyikan pemerintah China. 

    Ledakan tersebut dikaitkan dengan wabah Corona yang tengah terjadi saat ini. Video tersebut diunggah akun youtube Coronavirus from Wuhan.

    Verifikasi Fakta


    VIVAnews mengutip dari laman cekfakta.com, penelusuran dilakukan dengan tools pencarian gambar. Hasilnya, ditemukan video serupa yang diunggah channel youtube BBC News pada 14 Agustus 2015.

    Video tersebut berjudul 'Tianjin explosion video captures fear of eyewitnesses - BBC News. Ternyata rekaman video itu diambil Dan Van Duren dari jendela tempat tinggalnya.

    Tak hanya diunggah BBC News, video serupa juga diunggah dalam laman euronews.com pada 12 Agustus 2015. Video tersebut diberi judul 'Video footage shows massive explosion in Tianjin, China'.


    Dalam artikel euronews dijelaskan video itu merupakan ledakan yang terjadi di kawasan industri timur laut Kota Tianjin, China. Sumber ledakan berasal dari gudang penyimpanan bahan kimia beracun dan berbahaya.

    Bahan kimia dan zat berbahaya yang disimpan di antaranya amonium nitrat, potassium nitrat, dan kalsiun karbit. Media Tiongkok menyebutkan material berbahaya tersebut tidak diketahui disimpan dalam kontainer kapal di sebuah gudang penyimpanan.

    Adapun gudang penyimpanannya milik Ruihai Logistics. Itu merupakan firma khusus material berbahaya.

    Ledakan tersebut menewaskan 80 orang termasuk puluhan petugas pemadam kebakaran. Lalu sebanyak 700 orang terluka dan 71 diantaranya mengalami luka serius.

    Berdasarkan penelusuran di atas, video tersebut merupakan ledakan di Wuhan terkait dengan Corona, salah. Sebab ledakan terjadi di Tianjin pada 2015. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ledakan Dahsyat di Wuhan Disembunyikan Pemerintah China, Ini Faktanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar