Sawit Memiliki Peranan Penting dalam Perekonomian Indonesia

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sawit berpotensi menghasilkan pendapatan hingga US$ 60 miliar dalam setahun.

    Pasalnya, saat ini rata-rata produktivitas kebun sawit rakyat sekitar 1,8 - 2 ton per ha, sementara perkebunan swasta bisa mencapai 5 - 7 ton per ha.

    Menurutnya, hal itu bisa terjadi apabila Indonesia bisa meningkatkan produktivitas kebun sawit khususnya milik rakyat.

    Bila, produktivitas kebun sawit rakyat ditingkatkan menjadi 4 - 6 ton per ha, maka bisa menambah produksi sawit Indonesia sebesar 40-45 juta ton.

    “Kalau ini bisa kita manage dengan bagus, harga bisa diset up US$ 800 - US$ 850 dper ton. Jadi revenue negara bisa sampai US$ 45 miliar. Kalau ditambah produk turunannya bisa sampai US$ 60 miliar,” ujar Luhut di Seminar Tantangan Bisnis Keberlanjutan dalam Meningkatkan Kinerja Kelapa Sawit, Selasa (8/5).

    Luhut pun menyampaikan CPO memiliki kontribusi yang sangat besar kepada Indonesia. Meski saat ini batubara masih berada di urutan pertama, namun posisi sawit konstan setiap tahunnya.

    Pada tahun 2017 nilai ekspor minyak sawit Indonesia mencapai US$ 18,5 miliar, setara 31 juta ton. Di mana, India, Uni Eropa dan China merupakan pasar tujuan terbesar. Bahkan, ekspor ke India mencapai 7,6 juta ton, Eropa sebesar 5 juta ton, dan China sebesar 3,7 juta ton.

    Meski begitu, Luhut mengakui Indonesia masih menghadapi berbagai hambatan dalam ekspor sawit. Salah satunya Uni Eropa yang sedang mendiskusikan pembatasan penggunaan kelapa sawit pada biodiesel yang dipasarkan di Uni Eropa. Selain itu, India juga menaikkan tarif impor untuk CPO dan turunannya menjadi 44% dan 54%. (LK/Kontan)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sawit Memiliki Peranan Penting dalam Perekonomian Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar