Bantuan Pusat untuk Siak Meningkat Tahun 2020

Daftar Isi

    Keterangan foto: Drs. H Alfedri. M.Si. (Istimewa)

    SIAK, Lancangkuning.com - Pemerintah pusat mengucurkan bantuan ke pemerintah Kabupaten Siak meningkat dibanding tahun sebelumnya, seperti sistem penyediaan air minum indoor Siak dan  jalan.  

    Hal itu disampaikan Bupati Siak H Alfedri yang saat ini cuti kampanye untuk pilkada Siak 2020, Rabu (18/11/20).

    "Tahun 2020 ini memang banyak dari pusat, seperti sistem penyediaan air minum indoor Siak Rp 20 miliar, untuk jalan Rp 147 miliar," kata Alfedri, calon Bupati Siak nomor urut 2 itu.

    Selain infrastruktur jalan dan sistem penyediaan air minum, Kabupaten Siak juga mendapat kegiatan untuk irigasi mencapai Rp 32,9 miliar naik jika dibanding 2019 yakni Rp 11,4 miliar.

    Pada kegiatan 2020 itu yang terbesar adalah peningkatan daerah rawa Siak Kiri di Kecamatan Bungaraya senilai Rp 25 miliar.

    Alfedri melanjutkan, ada juga kegiatan pemeliharaan, peningkatan, dan rehabilitasi jaringan irigasi di Kecamatan Bungaraya, Sabak Auh, Pusako dan Sungai Apit. Sementara pada 2019 kegiatan terbesar adalah pembangunan daerah rawa irigasi di Teluk Lanus, Sungai Apit senilai Rp6 miliar.

    Untuk kegiatan air bersih total Rp 30 miliar dengan SPAM Indoor Siak sebesar itu sekitar Rp20 miliar. Dibanding 2019, kegiatan air bersih bersumber dari pemerintah pusat hanya Rp11 miliar dengan yang terbesar adalah pembangunan SPAM di Lubuk Dalam senilai Rp 3,5 miliar.

    Ada juga lanjutnya program sanitasi untuk pembuatan septik tank tahun 2020 ini senilai Rp3,6 miliar. Meningkat dari tahun 2017-2019 yang rata-rata senilai Rp2,2 miliar, bahkan pada 2016 hanya Rp1,2 miliar.

    Terkait dari pemerintah provinsi lanjutnya dalam dua tahun terakhir tidak ada bantuan keuangan untuk infrastruktur. Bantuan itupun memang tidak diperoleh juga oleh semua kabupaten/kota di Riau.

    "Bankeu infrastruktur adalah bantuan stimulus untuk kegiatan yang asetnya dimiliki semua kabupaten/kota. Kabupaten/kota yang melaksanakan kegiatan sehingga nantinya juga akan menjadi aset daerah," ungkapnya. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bantuan Pusat untuk Siak Meningkat Tahun 2020
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar