Plt.Walikota Pariaman Kukuhkan DKKP Periode 2020 - 2025

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin secara resmi dengan tetap mematuhi protokol covid-19, mengukuhkan Dewan kesenian Kota Pariaman (DKKP) untuk peroide 2020 - 2025 yang bertempat di Aula Balaikota Pariaman hari ini Kamis (29/10).

    “Hari ini kita secara resmi mengukuhkan DKKP untuk periode 2020 - 2025. Banyaknya pengaruh arus globalisasi dan informasi saat ini menuntut kita untuk terus menjaga adat, budaya dan kesenian didaerah kita. Dengan pedulinya generasi muda saat ini terhadap perkembangan adat, budaya dan seni daerah, kami merasa bangga dan gembira atas antusias dan animo mereka dalam pelestarian seni dan budaya itu sendiri, “ ungkap Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.

    Pelestarian seni dan budaya bukan suatu usaha bersifat elastis untuk membangkitkan feodalisme, tetapi merupakan upaya memelihara dan melindungi aset bangsa agar seluruh lapisan masyarakat mendukung pelaksanaan pembangunan bangsa dengan lebih berbudaya. Sebab budaya merupakan aset penting terutama untuk pengetahuan dan memupuk jati diri bangsa. Berbagai upaya melalui gelar seni dan budaya misalnya terus menerus dilakukan dalam menjga atingkat keterawatannya agar kondisi kelestarian warisan sejarah masa lampau tetap terjamin.

    “Saat ini Kota Pariaman telah banyak mempunyai destinasi - destinasi wisata yang ditunjang dengan 3 A nya, yakni aksesibilitas dan amenitas tetapi kita kurang atraksi. Kerena itu pada kesempatan ini kita membutuhkan suatu lembaga untuk menampung semua itu dalam wadah DKKP yang telah dikukuhkan. Tugas utamanya saat ini adalah menyediakan diri utnuk memantau setiap denyut nadi kehidupan seni-budaya, membina dan mengajak para seniman untuk memikirkan berbagai hal dalam konteks kesenian dan kebudayaan, “ terangnya.

    Pada kesempatan ini, Mardison mengucapkan selamat kepada DKKP yang terbentuk, semoga mampu menjadi wadah untuk pelaku seni dan budaya memalui berbagai aktifitas serta kreativitas mereka. Ia juga berharap kepada seluruh element masyarakat Kota Pariaman khususnya para seniman, budayawan dan penggiat seni untuk terus melestarikan kesenia daerah dan membudayakan nilai - nilai agama dan adat dalam kehidupan sehari - hari sesuai filsafah minangkabau.

    Sementara itu Ketua Umum DKKP terpilih jasri umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah mendukung DKKP untuk kembali mengemban tugas dengan baik.

    “Alhamdulillah DKKP untuk peroide 2020 - 2025 telah dikukuhkan. Ini menjadi tugas yang cukup berat untuk dilaksanakan. Namun dengan kebersamaan dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman, kami DKKP yakin akan mengemban tugas dengan baik sehingga kesenian Kota Pariaman akan bisa dikenal lagi baik tingkat Nasional maupun Internasional, “ ungkapnya.

    Diera globalisasi ini media sosial mempunyai bepanguruh besar, begitupun dalam kesenian. Kesenian tradisonal Kota Pariaman keberadaan semakin memudar sehingga generasi muda saat ini nyaris kurang mengenal kebudayaan asli daerah. Ini merupakan salah satu tugas DKKP untuk tetap bahu membahu mendata potensi kesenian daerah.

    “Kesenian Kota Pariaman memiliki keunikan dan bila dikelola dengan baik akan dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga dapat lebih mengenalkan Kota Pariaman. DKKP akan tetap dan terus memunculkan karya-karya berkelas internasional “,tambahnya.

    Gerakan-gerakan kesenian yang merupakan lintas budaya belum terjadi perubahan besar dalam rangka memberdayakan ekonomi dan masyarakat, oleh karena itu ke depan melalui kehadiran DKKP dapat bersinergi dengan unsur-unsur Pemerintah dan stakeholder terkait.

    “Pada satu sisi kita sangat memerlukan fasilitasi dan bantuan semua pihak karena tidak semua sanggar atau komunitas memiliki kemampuan, ada sanggar yang sangat memerlukan bantuan/bimbingan, oleh karena itu fungsi dari DKKP nantinya sangat berharap bisa melindungi, mengayomi sekaligus memfasilitasi. Pada sisi lain juga kita sangat berharap menjadi organisasi yang dapat membantu pemerintah dalam memajukan Kota Pariaman yang dalam hal ini kebudayaan dan kesenian, “ujarnya.

    Menanggapi hal itu, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman Dwi Marhen Yono mengatakan akan siap membantu DKKP untuk eksis kembali setelah beberapa tahun mati suri.

    “Apapun itu bentuk kegiatannya, kami akan selalu membantu selagi kegiatan tersebut bersifat positif dan membangun Kota Pariaman lebih maju lagi. Mulai dari permintaan tempat kerja DKKP yang direncanakan akan di pusatkan di rumah tabuik, insya allah Pemerintah Kota Pariaman akan sambut baik, ‘ ungkpanya.

    Pentingnya keterlibatan generasi muda dalam pelaksanaan pengembangan  kegiatan seni budaya agar memudahkan proses transformasi pewarisannya. Serta agar semua dapat mengembangkan sebanyak-banyaknya karya yang kreatif agar tetap dapat dinikmati masyarakat lokal maupun nasional bahkan internasional

    “yang penting  agar mendapat  perhatian kita semua bahwa dalam kegiatan dewan kesenian adalah kerja seni ke depan untuk dapat mengangkat nilai-nilai kearifan lokal sekaligus mempromosikan tradisi Kota Pariaman. Kota Pariaman memiliki potensi yang keseniannya bernilai tinggi. Mari kita siapkan seni budaya yang di Kota Pariaman lebih dikenal masyakarat luas,”tutupnya.

    Pengukuhan DKKP juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Paraiaman, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Bundo Kanduang Kota Pariaman, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman dan para seniman baik senior maupun junior se Kota Pariaman.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Plt.Walikota Pariaman Kukuhkan DKKP Periode 2020 - 2025
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar