Gubri Usulkan Riau Sebagai Sentra Perikanan dan Kelautan

Daftar Isi


    Foto: Istimewa

    Lancang Kuning, BENGKALIS - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan bahwa potensi perikanan dan kelautan yang ada di Provinsi Riau sangatlah besar untuk itu sektor ini harus dikembangkan supaya mampu mendorong perekonomian daerah.

    "Potensi yang ada ini sudah kita disampaikan ke menteri baik potensi yang ada diperairan maupun yang ada di daratan, sehingga ini kita usulkan supaya Riau ini menjadi sentra perikanan kata Syamsuar saat memberikan sambutan pada acara panen ikan dan udang pename di UPT Budidaya Perikanan Balai Benih Ikan Pantai yang ada di Pulau Rupat, Jumat (06/11/2020).

    Bahwa ini berkelanjutan karena ini punya nilai edukasi kepada masyarakat tempatan, jadi dalam budidaya ini tidak hanya pengusaha saja yang bisa memelihara dan membudidaya udang paname. Ini sudah dibuktikan oleh kawan - kawan kita dari perikanan ini yang penting kemauan sehingga menjadi lokomotif untuk kemajuan daerah yang membudidayakan udang paname.

    "Pengembangan udang paname di Rupat mungkin belum besar tetapi saya harapkan ini menjadi lokomotif," ujarnya.

    Mendapat informasi dari dinas perikanan dan kelautan Provinsi Riau bahwa ada kepala desa yang ingin mengembangkan budidaya udang paname dengan tanah yang telah tersedia seluas 30 hektar. "Ini tak menjadi persoalan, kita dukung ini budidaya udang paname ini terus berkembang di Riau ini," kata Syamsuar.

    Berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan yang ada di Rupat Gubri menyampaikan bahwa pemerintah provinsi punya cara untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di pulau rupat dengan cara memberdayakan ekonomi yang ada di rupat sehingga harapannya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan kembali.

    "Mewujudkan semua ini tentunya harus difasilitasi dinas kehutanan dan lingkungan hidup," pungkasnya (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri Usulkan Riau Sebagai Sentra Perikanan dan Kelautan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar