Cara Mengatasi Baterai Ponsel yang Cepat Boros

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Baterai ponsel yang cepat boros membuat pengguna sering berpikir untuk membeli ponsel baru. Dalam waktu 10 menit, tiba-tiba ponsel bisa terkuras 10 persen, misalnya.

    Padahal ponsel sedang tidak digunakan dan hanya menerima notifikasi-notifikasi dari email atau aplikasi chat WhatsApp.

    Terkurasnya baterai ponsel tersebut bisa disebabkan oleh sejumlah aplikasi yang diam-diam dapat menguras daya baterai, bukan karena baterai ponsel rusak. Jadi kamu perlu teliti sebelum salah langkah.

    CNNIndonesia.com merangkum beberapa cara mengatasi baterai yang cepat boros:

    1. Batasi aplikasi penguras baterai di latar belakang

    Ponsel Android sesungguhnya telah dibekali dengan kepintaran untuk mendeteksi aplikasi-aplikasi penguras baterai di latar belakang. Kamu bisa akses tersebut di pengaturan, kemudian ke baterai > batasi. Dalam pengaturan ini, Android memberikan saran aplikasi-aplikasi penguras baterai.

    2. Cek aplikasi penguras baterai

    Selain di latar belakang, juga bisa mengetahui aplikasi yang menguras baterai. Bisa mengecek ke pengaturan > baterai, kemudian kamu bisa melihat daftar aplikasi beserta persentase penggunaan daya baterai yang digunakan.

    Kamu disarankan untuk mengaktifkan pembatasan akses latar belakang untuk beberapa aplikasi. Untuk semua aplikasi, sebaiknya aktifkan mode pengoptimalan baterai.

    3. Turunkan tingkat kecerahan layar

    Cara ini merupakan langkah yang paling mudah dilakukan. Sebagai informasi, semakin tinggi tingkat kecerahan layar, semakin tersedot pula daya baterai.

    Oleh karena itu, disarankan konsumen untuk mengurangi tingkat kecerahan layar agar ponsel bisa bertahan lebih lama. Ada baiknya agar pemudik tidak menggunakan kecerahan otomatis.

    4. Tutup seluruh aplikasi yang tidak digunakan

    Pengguna ponsel memang terbiasa tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan. Padahal aplikasi yang tidak digunakan tersebut juga tetap berjalan di sistem ponsel sehingga menguras baterai ponsel.

    5. Matikan GPS,NFC, Wifi, dan Bluetooth

    Matikan sinyal-sinyal radio seperti GPS, NFC, Wifi, & Bluetooth apabila tidak digunakan.

    6. Matikan lampu notifikasi dan mute notifikasi

    Lampu notifikasi juga menguras daya baterai sehingga menjadi cepat boros. Lampu lebih baik dimatikan karena tidak terlalu dibutuhkan. Notifikasi juga lebih baik dinonaktifkan agar lebih menghemat baterai.

    Menonaktifkan notifikasi memang membuat kamu bisa melewatkan pesan penting. Namun tentu menghentikan bombardir notifikasi WhatsApp bisa meringankan kerja baterai ponsel.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Baterai Ponsel yang Cepat Boros
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar