Waktu Terbaik Lihat Hujan Meteor Draconid di RI Malam Ini

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Observatorium Bosscha ITB menyampaikan bahwa puncak hujan meteor Draconid akan berlangsung malam ini.  Hujan meteor itu akan tampak di arah Rasi Draco.

    Hujan meteor Draconid berlangsung mulai tanggal 6 hingga 10 Oktober. Hujan meteor itu akan mencapai puncaknya pada tanggal 8 Oktober.

    "Di Bandung, hujan meteor ini akan tampak di arah Rasi Draco mulai Matahari terbenam hingga sekitar pukul 21.34 WIB," kutip Bosscha dalam laman resmi, Kamis (8/10). Bosscha menjelaskan hujan meteor terjadi saat terdapat sisa komet maupun asteroid yang tertarik oleh gravitasi bumi.

    Objek-objek tersebut berada pada jalur orbit bumi sehingga saat bumi mendekat akan tertarik oleh gravitasi bumi dan nampak menjadi hujan meteor jika dilihat dari permukaan bumi.

    American Meteor Society melaporkan bahwa planet Bumi diperkirakan melewati dua jejak debu dan sisa-sisa lainnya yang ditinggalkan bola salju angkasa selama perjalanannya ke tata surya bagian dalam pada tahun 1704 dan 1711.

    Astronom Tony Phillips memperkirakan bahwa penggemar meteor di belahan bumi utara dapat melihat sebanyak 10 meteor per jam. Sedangkan di selatan khatulistiwa lebih sedikit.

    Menjauhlah dari semua polusi cahaya jika hendak melihat meteor Draconid.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waktu Terbaik Lihat Hujan Meteor Draconid di RI Malam Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar