Dijanjikan Disnaker, Ratusan Pekerja PT Pedasa Enam Utama Membubarkan Diri

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Hasil mediasi Dinas Tenaga Ketenagakerjaan Provinsi Riau dengan sejumlah perwakilan buruh PT Pedasa Enam Utama yant tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSBSI) Kabupaten Kampar, menghasilkan keputusan Disnaker dalam waktu 21 hari akan mencarikan jalan keluar akan tuntutan para buruh ini.

    "Kami memberikan kesempatan Disnaker Riau selama 21 hari, saya yakin ini akan selesai. Karena saya selaku ketua juga sudah diperiksa oleh pengawas, dan dari perusahaan (PT Padasa Enam Utama) kita minta direkturnya yang dipanggil," ujar Kormaida Siboro koordinator aksi, Selasa (22/09/2020)

    Beberapa tuntutan mendasar dari para pekerja ini adalah diberikannya tunjangan pensiun bagi para pekerja yang sudah memasuki masa pensiun dan juga penyediaan fasilitas kesehatan, transportasi.

    Selain itu juga meminta adanya jaminan kesehatan seperti BPJS dan hunian yang layak dengan dilengkapi air bersih dan listrik.

    Dikatakab Kormaida tuntutan para massa aksi ini ada 13 poin, namun saat ini menjadi 16 tuntutan karena ada kebijakan perusahaan yang dinilai tidak pro terhadap pra buruh.

    "13 tuntutan belum selesai, dan sekarang perusahaan justru mendatangkan karyawan dari Sumatera Utara. Dan PT Padasa melakukan perlawanan terhadap buruh dengan melakukan SP 1 hingga PHK, dan yang terakhir PT Padasa melakukan intimidasi dan ujung-ujungnya melaporkan anggota FSBSI kepihak kepolisian dengan alasan menyandra asisten perusahaan," pungkasnya.

    Jonli, Kadisnaker Provinsi Riau mengatakan pihaknya akan memproses permasalahan tersebut dalam 21 hari atau dimulai sejak laporan tersebut diterima pada tanggal 16 September 2020 lalu.

    "Hari Senin lalu kita sudah memanggil pimpinan perusahaan dan beberapa pekerja, tapi ini tidak seperti membalikan telapak tangan. Hari Jumat saya teken dan hari Senin saya panggil, sementara sekarang hari Selasa. Kan tidak mungkin bisa secepatnya dilakukan nota pemeriksaan,"  sebutnya Selasa (22/09/2020).(rie/ckc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dijanjikan Disnaker, Ratusan Pekerja PT Pedasa Enam Utama Membubarkan Diri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar