Taman Nasional Kutai (TNK), Wisata Alam Hutan Ulin Paling Luas di Indonesia

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Melakukan wisata ke Kalimantan maka mengunjungi Taman Nasional Kutai (TNK) mesti dilakukan, keunikan wisata ke Taman Nasional Kutai ini menjadi nilai khusus tersendiri. Taman Nasional Kutai merupakan hutan hujan tropis daratan rendah di Provinsi Kalimantan Timur, yang memiliki luas 198.629 hektar. Taman ini berada pada kawasan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kutai Wilayah I Sengata. TNK terletak di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kartanegara dan Kota Bontang.

    Taman ini terbentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pemerintah Hindia Belanda (GB) Nomor 3843/AZ/1934. Awalnya luas TNK pada tahun 1934 adalah 2 juta hektare. Kemudian oleh Pemerintah Kerajaan Kutai ditetapkan menjadi Suaka Margasatwa Kutai melalui SK (ZB) Nomor 80/22-ZB/1936 dengan luas 306 ribu ha. Pada 1971, terbit SK Menteri Pertanian dengan No 30/Kpts/ Um/6/1971, tanggal 23 Juli 1971. SK itu menyebutkan bahwa beberapa bagian TNK dilepas yakni seluas 106 ribu ha, 60 ribu ha yang masih asli untuk HPH PT Kayu Mas dan sisanya untuk perluasan Industri pupuk dan gas alam.

    Taman Nasional Kutai memiliki dua resor yang menjadi favorit bagi wisatawan dan peneliti yaitu Sangkima dan Prevab. Prevab resor terletak di dekat desa Swarga Bara, Kompleks KPC, Sengatta, Kutai Timur. Resor Sangkima terletak di jalan poros Bontang dan Sangata. Taman nasional tepat berada di jalan utama sehingga akses darat dicapai dengan mudah dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

    Kawasan ini banyak yang mengunjungi dikarenakan memiliki aksesibilitasnya paling mudah. Keanekaragaman hayati dan vegetasinya menjadikan tempat tujuan menarik bagi masyarakat local dan asing, pecinta alam dan peneliti dari berbagai negara. Sangkima menawarkan keindahan hutan alam dengan berbagai tumbuhan misalnya kayu ulin, dan juga berbagai jenis satwa liar seperti orang utan morio, owa-owa, beruk, monyet ekor panjang dan juga berbagai jenis burung. 

    Di Taman Nasional Kutai, kita bisa menikmati keindahan alamnya, baik flora dan fauna juga bisa menikmati nuansa outbond nya. Taman Nasional Kutai telah didesain sebagai area outbond yang menarik dengan jalur papan kayu ulin (broadwalk) yang menantang. Taman ini letaknya di pinggaran teluk Kaba. Dari Bontang- ke Teluk Kaba dengan menggunakan speed boat sekitar 30 menit. Selain itu antara Bontang-Sanggata terdapat jalan raya membelah taman nasional Kutai. 

    Taman Nasional Kutai memiliki berbagai tipe vegetasi utama yaitu vegetasi hutan pantai/mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin/meranti/kapur dan hutan Dipterocarpaceae campuran. Taman nasional ini merupakan perwakilan hutan ulin yang paling luas di Indonesia. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Taman Nasional Kutai (TNK), Wisata Alam Hutan Ulin Paling Luas di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar