Kampung Warna Warni Tak Hanya di Brazil, Kampung Jodipan Kota Malang Kini Menjadi Icon Wisata yang Unik

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Kota Malang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak lokasi wisata. Yang mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dimana hal ini tentunya menjadi peluang income bagi masyarakat kota Malang. Salah satu lokasi Wisata yang sedang hits dan banyak diperbincangkan orang-orang saat ini ialah Omah Kayu dan Paralayang di Batu Malang . Tidak hanya itu, ternyata di kota Malang juga memiliki spot wisata yang unik dan terbaru, yaitu Wisata Kampung Warna Warni Jodipan dan Kesatrian.

    Rumah warna warni yang baru baru ini diresmikan merupakan hasil kreatif mahasiswa Muhammadiyah Malang. Bertolak dari model rumah warna-warni yang ada di beberapa kota besar luar negeri seperti rumah warna-warni Favela Santa Marta di Rio De Jenerio, Brazil ataupun kota-kota Cinque terre di tebing Pantai Riviera Italia, menjadikan mahasiswa membidik Jodipam untuk disulap menjadi rumah warna-warni yang mendapat sambutan baik dari pihak pemerintah dan warga setempat. 

    Sebelum menjadi kampung  warna-warni Jodipan hanyalah kampung kumuh yang tidak menarik sama sekali. Namun kini kampung warna warni Jodipan menjadi kampung unik yang sangat mencolok dan sangat menarik. Hal ini tentunya menyundang berbagai wisata yang datang berkunjung dan tentunya akan menambah pemdapatan masyarakat sekitar. Kawasan ini sangat bagus sebagai spot selfie bagi remaja dan berbagai kalangan. Ada 17 warna-warni cat yang diterapkan pada rumah warna warni di kampung ini mulai bagian tembok hingga atapnya. Pengunjung yang datang tidak hanya dari kota Malang namun juga menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk mengunjungi. 

    Kampung watna warni Jodipan merupakan hasil ide mahasiswa Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang bergabung dalam komunitas Guyspro Nabila Firdausiyah selaku koordinator komunitas guyspro, bersama dengan seniman juga 30 tukang cat, dibantu produsen cat "Indana Paint" dengan dana “Corporate Social Responsibility”, sedangkan dalam pelaksanaannya dibantu lagsung warga untuk mengecat dan memberi konsumsi. Juga bantuan dari TNI AU agar proyek berjalan lancar. 

    Ada banyak spot menarik bagi wisatawan untuk mengambil foto terbaik, spot untuk selfie tentu juga menjadi prioritas. Ada beberapa spot yang patut menjadi prioritas di saat berkunjung ke kampung Jodipan untuk mengambil spot foto yang menarik, yaitu Jembatan Embong Brantas, Tembok Dinding Warna-Warni, Lorong Payung, Topi Petani dan T-Rex 3 Dimensi, Pagar Reggae dengan Pemandangan di Depannya, Tangga Warna-Warni, Lapangan Di Sekitar, dan Pemandangan Di Tepi Sungai.

    Lokasi Kampung Warna Warni berada di Desa. Jodipan, Kecamatan. Blimbing, Kota Malang. Kampung Warna Warni ini berada di bawah jembatan Rel Kereta Api dan pasar Loak. Tepatnya di Desa Jodipan RT. 06 RW. 02. Sekitar 500 meter ke arah selatan dari Stasiun Kereta Api. Fasilitas yang tersedia di wisata Kampung warna warni diantaranya tempat parkir, toilet, kios-kios, dan para pedagang jajanan dan minuman yang berada di sekitar lokasi. 

    Adapun tiket masuknya hanya Rp. 2.000/orang, tiket masuk berbentuk sticker menarik sebagai kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang. Sedangkan untuk kendaraan sepeda motor yang parkir akan dikenai tarif parkir Rp. 2.000, dan tarif parkir mobil Rp. 5.000. Untuk parkir bus pariwisata, maka akan dikenai tarif parkir sebesar Rp. 15.000 – Rp. 25.000. Hal ini tentunya menjadi ekonomi kreatif bagi masyarakat setempat dan menambah penghasilan warga. Kampung warna warni Jodipan mengubah pola pikir masyakarat akan lapangan pekerjaan. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kampung Warna Warni Tak Hanya di Brazil, Kampung Jodipan Kota Malang Kini Menjadi Icon Wisata yang Unik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar