Teluk Kiluan Lampung, Objek Wisata Bahari yang Terkenal dengan Keindahan Habibat Lumba-Lumbanya

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Teluk kiluan merupakan salah satu objek wisata favorit  dan terkenal yang ada di Provinsi Lampung. Tak hanya di Lampung namun teluk kiluan ini juga sudah sangat terkenal di luar Lampung sendiri. Keunikan di teluk kiluan adalah para wisatawan akan disuguhkan dengan lumba-lumba yang sangat lucu dari dekat habibatnya langsung dan ini tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menarik bagi siapapun yang berkunjung ke teluk kiluan Lampung.

    Keindahan pantainya pun tak kalah indah dan menarik dari pantai lainnya yang ada di Indonesia yang tidak akan kita temui dari pantai lainnya dan di teluk kiluan ini pun wisatawan bisa melakukan kegiatan camping dan lainnya. Dijamin sangat seru dan menakjubkan melakukan travelling dan wisata ke teluk ini. Lokasinya terdapat di desa Kiluan Negeri, kecamatan Kelumbayan, kabupaten Tanggamus, provinsi Lampung. 

    Jarak tempuh untuk bisa sampai ke teluk kiluan ini dari kota bandar lampung kurang lebih sekitar 80 kilometer atau sekitar 3-4 jam perjalanan.  Rute menuju Teluk Kiluan yaitu dari Bandar Lampung berjalan ke arah Padang cermin hingga menemui persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Di persimpangan ambil jalur ke kiri menuju pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduh pidada. Kemudian jalan terus hingga sampai Pasar Bawang, di persimpangan pasar itu ambil jalur ke kanan hingga menemui persimpangan terakhir. Pada persimpangan terakhir ini ambil arah kiri, di mana terdapat gapura menuju Teluk Kiluan .

    Perjalanan menuju ke tempat wisata Teluk Kiluan saja sudah merupakan tantangan sendiri bagi para penelusur. Karena jalan darat di tempat ini belum terlalu mulus sehingga diperlukan keterampilan dalam mengemudikan kendaraan bermotor untuk dapat melaluinya. Tapi jangan khawatir karena para penelusur tak akan bosan di perjalanan karena sepanjang perjalanan menuju pulau kilauan terdapat pemandangan alam yang sangat indah pastinya.

    Ketika para wisatawan memasuki pintu gerbang di Teluk Kiluan, wisatawan akan dihadapkan kembali dengan jalan terjal dan diharuskan melewati anak sungai saat berkendara. Suasana di desa kiluan sangatlah kental dengan agama hindu dengan adanya pura dan rumah-rumah disekitar yang berornamen hindu. Tapi suasana di desa kiluan sangat asri dan nyaman. Wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat mempesona. Walaupun Teluk Kiluan tidak begitu luas, namun memiliki pemandangan biorama sekitar yang sangat eksotis. Untuk menikmati keindahan Teluk Kiluan, kita dikenakan biaya sekitar Rp 5.000/orang yang dibayarkan ke pengelola.

    Wisatawan juga bisa snorkling menikmati terumbu karang di sekitar pulau kiluan ini. Bila ingin melihat lumba-lumba di alam bebas, maka wisatawan cukup datang ke Teluk Kiluan. Namun, untuk melihat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung ini hanya bisa dilakukan di pagi hari yaitu mulai pukul 06.00 – 10.00. Wisatawan bisa menyewa jukung dengan harga sewa rata-rata Rp. 250.000/3 orang. Dengan jukung, kita dapat pergi ke tengah laut dengan estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 25 menit dari bibir pantai kiluan.  Bagaimana apakah kamu tertarik ke teluk Kiluan Lampung? (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Teluk Kiluan Lampung, Objek Wisata Bahari yang Terkenal dengan Keindahan Habibat Lumba-Lumbanya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar