Zakat Ringankan Beban Warga Berdampak Covid-19

Daftar Isi

     

    Foto: Bupati Siak H Alfedri menyerahkan zakat kepada warga kecamatan Mempura dari BAZNas Siak 

    Lancang Kuning, SIAK - Bupati Siak Alfedri bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Siak, Rabu (19/8/2020), mendistribusikan zakat secara langsung untuk di Kecamatan Mempura, tepatnya di mesjid Nurul Hidayah, Kampung Benteng Hilir, Kecamatan Mempura. 

    Dalam arahannya, Bupati Siak Alfedri berharap semoga dengan adanya penyaluran zakat ini, bisa membantu dan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

    Baca Juga: Kapolres Pelalawan Lepas Bansos Covid-19, Kapolsek Ukui: Bansos ini akan Dibagikan Tepat Sasaran

    "Zakat ini sebenarnya memang tetap harus dikucurkan dengan tepat sasaran dan dengan syarat sesuai dengan yang telah diatur", kata Alfedri.

    Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar zakat, Alfedri berharap sosialisasi untuk membayar zakat sering dilakukan, apalagi kalau ada momen seperti penyaluran zakat, dan Gemar Berzakat yang seringkali dilaksanakan.

    Baca Juga: Jelang Tahun Baru Islam, Ini Doa Akhir dan Awal Tahun yang Disunahkan

    "Saya ingin jika ada acara seperti, muzaki dan para calon Muzaki diundang untuk hadir, supaya zakat yang mereka bayarkan itu memang benar-benar disalurkan", pinta Bupati Siak itu.

    Ketua Upz Kecamatan Mempura Syamsul Bahri mengatakan bahwa pengumpulan zakat di Kecamatan Mempura untuk tahun 2020 berjumlah Rp 63.000.000, yang terbagi atas pola konsumtif dan produktif.

    Baca Juga: TNI Kerahkan 450 Prajurit Tempur ke Perbatasan Malaysia

    Selanjutnya akan langsung diserahkan, untuk pola Konsumtif sebanyak 53 orang, dan untuk pola produktif masih dalam tahap peninjauan. 

    Baca Juga: PSG Ancam Rekor Sensasional Madrid di Final Liga Champions

    "Penurunan jumlah zakat yang diperoleh di Kecamatan Mempura ini, setelah dikaji yakni disebabkan oleh ada beberapa masyarakat yang dulunya muzaki sekarang mereka sudah tidak mampu, dan sekarang termasuk kedalam masyarakat berdampak, akibat pandemi Covid-19", jelasnya. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Zakat Ringankan Beban Warga Berdampak Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar