Struktur Komputer dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning - Komputer adalah perangkat electron didesain untuk menyimpan data informasi .untuk memerlukan semua komputer memerlukan software atau program yang terinstal di dalamnya.

    Selain itu, komputer juga memiliki beberapa komponen diantaranya yaitu processor, memory motherboard ,casing, CDrom, monitor

    Struktur komputer

    Fungsi dan struktur komputer terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:

    1.Input device

    Input device adalah hardware yang biasa digunakan untuk memasukkan data atau  sistem komputer. tidak akan berjalan tampa adanya software pendukung.

    Input terbagi menjadi dua jenis yaitu:

    Perangkat input langsung adalah perangkat input komputer yang diproses atau digunakan tanpa konfigurasi, contoh perangkat input langsung yaitu mouse dan keyboard.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Perangkat input tidak langsung adalah perangkat pada input komputer yang tidak bisa langsung digunakan melainkan diproses terlebih dahulu. contoh perangkat input tidak langsung yaitu harddisk.

    Input pada drive yang biasa digunakan: keyboard, mouse, joystick, webcam, barcode scanner, finger print, flashdisk, trackball, touchpad, microphone, headphone, light pen, graphic pad, kabel data, card reader, CD/DVD rom dan masih banyak lagi.

    Output device

    Output device atau bisa disebut juga dengan perangkat pengeluaran adalah hardware yang digunakan untuk menghasilkan keluaran seperti gambar, suara, ataupun dokumen hardcopy. Contoh output device yang biasa dipakai yaitu monitor, printer, plotter, ataupun speaker.

    Contoh sederhananya penggunaan printer. Printer merupakan perangkat output device untuk mencetak dokumen. Sedangkan dokumen hardcopy merupakan output dihasilkan oleh printer.

    Port I/O

    Port I/O adalah suatu port setiap port I/O di bawah control processor, jadi port ini adalah port yang sering dipakai untuk memasang perangkat tambahan seperti flashdisk atau yang lainnya.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Macam-macam port I/O adalah:

    • Port parallel adalah port yang memiliki keahlian dalam mentransfer data dengan kecepatan 200kb/s. digunakan oleh hardware seperti printer ataupun scanner.
    • Port serial adalah port yang memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan yang minim lebih rendah dibandingkan dengan port parallel. Port dibedakan menjadi dua, yaitu COM1 dan COM2. Yang membedakan perangkat ini yaitu, kabel connector COM 1 menggunakan 9 pin, sedangkan untuk COM2 menggunakan 25 pin.
    • Port PS/2 adalah port yang digunakan sebagai alat penghubung keyboard ataupun mouse dengan komputer. Namun, saat ini port PS/2 sudah jarang ditemui  keluaran komputer terbaru, karena kebanyakan sudah menggunakan USB.
    • Port USB adalah port yang digunakan untuk device dengan transmisi secara serial. Contoh device yang biasa digunakan USB adalah flashdisk, keyboard dan mouse USB, dan  perangkat lainnya.
    • Port VGA adalah port yang menghubungkan langsung dengan monitor. Port ini biasanya terdapat di bagian dalam cassing komputer. Fungsinya untuk menambahkan kartu grafis di komputer supaya bisa memiliki performa yang lebih.
    • Port Audio adalah port yang berhubungan langsung audio device seperti speaker, radio, dan lain-lain.
    • Port LAN adalah port yang digunakan sebagai komunikasi antar komputer, setiap komputer bisa saling bertukar informasi.

    CPU

    CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk pemroses data utama pada komputer. CPU diartikan sebagai hardware yang berfungsi menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak atau software.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Memori

    Memori adalah perangkat keras komputer berfungsi untuk menyimpan data atau informasi pada komputer yang bersifat sementara ataupun permanen,

    Memori terbagi menjadi 2 bagian yaitu:

    • Memori internal adalah memori utama yang diakses langsung oleh prosesor.
    • Memori eksternal adalah memori tambahan berfungsi sebagai tambahan untuk menyimpan data atau program yang bersifat permanen atau nonvolatile.

    Address bus

    Address bus biasanya digunakan sebagai penanda lokasi sumber supaya bertujuan untuk mentransfer data, CPU akan mengirimkan alamat yang dibaca address bus  terdiri dari 16, 20, 24, sampai dengan 32 jalur paralel.

    Control bus

    Control bus adalah jalur yang digunakan untuk mengontrol penggunaan data ke data Bus maupun address bus. Control bus terdiri dari 5 sampai 10 jalur paralel.(Riska)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Struktur Komputer dan Fungsinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar