PSG ke Final Liga Champions Usai Habiskan Rp22,3 Triliun

Daftar Isi

    PSG's Angel Di Maria, left, celebrates after scoring his side's second goal with PSG's Neymar during the Champions League semifinal soccer match between RB Leipzig and Paris Saint-Germain at the Luz stadium in Lisbon, Portugal, Tuesday, Aug. 18, 2020. (David Ramos/Pool Photo via AP)

    Lancang Kuning - Paris Saint-Germain (PSG) berhasil lolos ke final Liga Champions untuk kali pertama setelah Qatari Sports Investments (QSI) mengeluarkan dana hingga Rp22,3 triliun.

    QSI membeli PSG pada November 2011 dengan harga 50 juta euro. Target utama QSI sangat jelas, yakni menjadikan PSG dominan di Ligue 1 dan menjadi jawara Eropa.

    Setelah bertahun-tahun hanya mampu mendominasi Ligue 1 dan kompetisi domestik, QSI akhirnya bisa melihat PSG tampil di final Liga Champions untuk kali pertama setelah  Neymar dan kawan-kawan mengalahkan RB Leipzig 3-0 di babak semifinal, Rabu (19/8) dini hari WIB.

    Pengorbanan QSI untuk melihat PSG tampil di final Liga Champions tidak datang dengan harga murah. QSI harus mengeluarkan uang 1,268 miliar atau setara Rp22,3 triliun untuk membeli 43 pemain berbeda sejak 2011.

    Dikutip dari Marca, bintang pertama yang dibeli PSG adalah Thiago Silva dan Javier Pastore dengan harga 42 juta euro pada musim 2011/2012. Pada musim berikutnya ada Zlatan Ibrahimovic (21 juta euro), Edinson Cavani (64,5 juta euro), Angel Di Maria (63 juta euro) dan David Luiz (49,5 juta euro).

    Pada musim 2017/2018, QSI semakin ngotot melihat PSG menjadi juara Liga Champions setelah membeli Neymar dan Kylian Mbappe. Neymar dibeli dari Barcelona dengan 222 juta euro dan menjadi pemain termahal di dunia hingga saat ini. Sementara Mbappe dibeli dengan harga 145 juta euro dari AS Monaco.

    Di lini depan sendiri PSG sudah menghabiskan dana 685 juta euro. Sementara untuk gelandang Les Parisiens menghabiskan 306 juta euro, 247 juta euro untuk pemain bertahan dan 28 juta euro untuk kiper hingga musim ini.

    PSG menghabiskan uang untuk belanja pemain paling banyak dari Liga Spanyol dengan 333 juta euro, disusul Liga Italia dengan 323 juta euro dan Liga Prancis dengan 214 juta euro.

    PSG akan menghadapi pemenang antara Bayern Munchen vs Lyon pada laga final Liga Champions 2020 yang akan berlangsung di Estadio da Luz, Lisbon, Minggu (23/8) malam waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PSG ke Final Liga Champions Usai Habiskan Rp22,3 Triliun
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar