Jejak 39 Tahun PC Pertama di Dunia

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Personal Computer (PC) IBM merupakan komputer pertama yang kemarin berulang tahun ke-39 tahun. Dengan nomor model 5150, PC itu dinilai tidak terlalu bertenaga menurut standar saat itu.

    Padahal, Intel sempat menawarkan mikroprosesor 8086 dengan CPU 16-bit. Namun, IBM meminta versi cip yang bisa disesuaikan dengan harga. Hasilnya, Intel menyediakan mikroprosesor 8088 yang berjalan pada 4,76 MHz, sama dengan 8086 tetapi hanya memiliki 8-bit ke memori eksternal.

    Melansir Extreme Tech, kehadiran PC IBM telah memberikan dampak yang signifikan bagi dunia komputer. Sebelum IBM PC lahir, komputer hanya dibuat hanya untuk menjalankan satu tugas khusus. Namun IBM PC berhasil mengeluarkan komputer dari komputer yang eksklusif.

    Berbeda dengan komputer lainnya, komputer atau PC IBM dapat menjalankan ribuan software, mulai dari penjadwalan digital hingga word processing.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru


    Waktu IBM PC baru lahir, ada 3.000 software yang bisa digunakan untuk "mengganti" fungsi komputer. Sejarah mencatat, pada dekade 1970-an hingga 1980-an, IBM menjadi penguasa dunia komputer.

    Mereka menguasai hampir 70 persen pangsa pasar di dunia komputer saat itu. Hingga akhir 1983 ada sekitar satu juta unit IBM PC berhasil terjual.

    Melansir Computer History, PC IBM pertama didasarkan pada mikroprosesor Intel 8088 4,77 MHz dan menggunakan sistem operasi MS-DOS dari Microsoft.

    IBM PC merevolusi komputasi bisnis dengan menjadi PC pertama yang diadopsi secara luas oleh industri.

    MS-DOS atau Sistem Operasi Disk Microsoft, perangkat lunak dasar untuk PC IBM dari kemitraan panjang antara IBM dan Microsoft, yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen. MS-DOS akhirnya digantikan oleh sistem operasi Microsoft Windows.

    Baca juga: Tempat Wisata di Riau 


    Melansir dari berbagai sumber, harga PC IBM 5150 berkisar US$1.565 atau Rp23 juta sampai US$3.000 atau Rp44 juta, jika mengikuti kurs saat ini. PC IM itu juga memiliki RAM 16K-640K dan grafis teks 80x24.

    Lima slot internal pada motherboard PC IBM 5150 menyediakan kemampuan untuk menambah memori tambahan dan kapasitas lainnya, meskipun satu slot biasanya ditempati oleh kartu video dan satu lagi oleh pengontrol floppy drive opsional.

    Dalam perjalanannya, PC IBM telah melahirkan kerjasama antara Intel dan Advanced Micro Devices (AMD), pabrikan sumber kedua berlisensi untuk CPU Intel yang digunakan PC IBM.

    Kala itu, AMD mendapat lisensi untuk memproduksi produk x86. Namun, kerjasama itu berakhir dengan kurang baik karena kedua pihak berselisih mengenai hak kode untuk cip tersebut.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jejak 39 Tahun PC Pertama di Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar