Kominfo Fokus 4G Sampai Pelosok Sebelum Loncat ke 5G

Daftar Isi

    LancangKuning,  Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan konektivitas 5G akan diterapkan di Indonesia dalam waktu dekat. Sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menyiapkan frekuensi mulai dari 600 MHz hingga 6 GHz, terutama dalam rentang 3,5 GHz hingga 4,2 GHz untuk keperluan 5G. Akses internet 5G akan direalisasikan untuk smartphone pada 2020-2021.

    Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail MT juga memastikan bahwa 5G sebetulnya sudah siap untuk diimplementasikan.

    Menurutnya sebelum melangkah ke 5G, pemerintah fokus meratakan jaringan 4G sampai ke pelosok negeri. "Kita fokus 4G dulu agar konektivitasnya bisa sampai di pelosok Tanah Air," kata Ismail lewat konferensi pers virtual, Rabu (29/7).

    Baca Juga : Bupati Siak Jadi Narasumber Forum Integritas Nasional Kolaborasi Integritas 2018 di Balik Papan


    Tahap awal koneksi 5G di kawasan industri

    Kemenkominfo memastikan konektivitas 5G akan diterapkan terlebih dahulu di kawasan industri. Menyoal 5G, Kemenkominfo sempat mengatakan ada sejumlah kendala untuk menerapkan teknologi jaringan 5G di Indonesia, terutama pada frekuensi low layer dan middle layer. Low layer sendiri memiliki tiga frekuensi yaitu 700, 800, dan 900. Sementara middle layer berada di frekuensi 1800, 2100, dan 2300. Sebab, kedua layer tersebut masih digunakan oleh operator lain jauh sebelum wacana 5G digaungkan.

    Sama halnya dengan frekuensi 2.6 GHz dan 3.5 GHz yang masih digunakan oleh satelit dan pihak Kemenkominfo mengatakan pihaknya juga tengah mengupayakan percepatan proses pengakhiran frekuensi itu. "Sudah siap kok 5G. Untuk 5G di industri beda lagi, nanti ini akan mendukung IoT karena nanti 5G akan dibangun di kawasan industri duluan," ucap Ismail.

    Ismail menjelaskan, nantinya 5G bakal dibangun di daerah yang membutuhkan latensi rendah sehingga Internet of Things (IoT) bisa diimplementasikan.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kominfo Fokus 4G Sampai Pelosok Sebelum Loncat ke 5G
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar