Senja di Tanah Melayu

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Oleh Leni Afrilia

    “Itukah yang kau sebut cinta? Sesuatu yang paling kau hargai namun kau tinggalkan tanpa penjelasan! Kau patahkan, kau hancurkan dan kau robek-robek hatiku tanpa rasa belas kasihan. Kau tahu Tuhan tidak sekejam itu! (Senja Di Tanah Melayu)

    Novel Senja Di Tanah Melayu adalah sebuah novel fiksi yang ditulis oleh Ocu Kayan. Novel tersebut berlatar belakang Siak Sri Indrapura. Novel yang berkisah tentang hikayat cinta sepasang kekasih yang berbeda keyakinan dan budaya itu membuat pembaca ini tertampar kejurang keromantisan dan kesadaran.

    Mengapa keromantisan? Sebab samja yang pada akhirnya menyadari bahwa sang kekasih, lihua gadis keturunan tionghoa yang sudah menetap sejak leluhurnya berekspansi ke Tanah Melayu Siak, Terpaksa melepaskan kekasihnya secara diam-diam dengan berat hati. Lihua yang tidak tau mengapa ditinggalkan tanpa sebab. Tidak terimah. Mencari dan terus mencari tau mengapa samja meninggalkannya.

    Hingga sampai pada suatu jawaban bahwa samja meninggalkan Lihua karna Lihua berbeda keyakinan dan budaya dengan Samja. Samja Islam, Lihua Konghucu. Samja Melayu Lihua Tionghoa. Sekejam itukah Cinta?

    Lihua yang sebenarnya sudah lama tertarik dengan islam rela memeluk islam bukan karna samja semata melainkan karna keyakinan lihua yang sudah lama mendalami islam dengan pengamatan dan membaca buku-buku islam. Ditinggalkan adalah butiran momentum yang mengantarkannya untuk islam.

    Waktu meleset bagai peluru. Hari berganti hari. Bulan berganti bulan. Kini lihua lah yang meninggalkan samja sendirian. Kau tau sebabnya? Karna Lihua menyadari bahwa islam tidak mengajarkan tentang pacaran.

    Seperti apakah kisah mereka selanjutnya. Seperti apakah sakitnya ditinggalkan. Seperti apakah rasanya meninggalkan. Seperti apakah pertemuan mereka yang membawanya pada cinta. seperti apakah novel yang bercerita tentang kearifan lokal melayu siak sri indrapura?

     Tentang Novel Senja Di Tanah Melayu Karya Ocu Kayan ini layak dibaca selain karna kisahnya yang menarik juga sudah saatnya riau mengapresiasi lahirnya penulis baru ditenggah lunturnya dunia sastra melayu siak.

    *Penulis adalah Guru Sekolah Rokan Hulu. (LK/yp)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Senja di Tanah Melayu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar