Komet Paling Terang dalam 7 Tahun Terakhir Dapat Dilihat dari Bumi

Daftar Isi


    Foto: Salah satu dari sedikit komet yang dapat dilihat dalam abad ke-21.-MAROUN HABIB/NASA

    Lancang Kuning -- Komet yang ditemukan pada akhir Maret lalu melalui teleskop ruang angkasa dan disebut Neowise merupakan komet pertama tahun ini yang dapat terlihat dari Bumi.

    Secara resmi komet itu dinamakan C/2020 F3, komet ketiga yang ditemukan pada 2020 dan yang paling terang dari tujuh terakhir yang ditemukan, menurut kosmonot Rusia, Ivan Vagner, yang melihat komet dari stasiun ruang angkasa internasional.

    Baca Juga: Tenaga Medis 3 Bulan Belum Terima Gaji, Ini Alasan Kadis Kesehatan

    Gambar komet itu pertama diambil oleh teleskop NASA, Neowise Space Telescope pada tanggal 27 Maret dan akan mencapai posisi terdekat dari Bumi pada tanggal 23 Juli, walaupun jaraknya masih sekitar 103 juta kilometer.

    Walaupun jarak C/2020 F3 dari Bumi 400 kali lebih jauh dari jarak Bumi ke bulan, komet ini dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa menggunakan teropong atau teleskop.

    Baca Juga: Waspadai Luncuran Awan Panas, Deformasi Merapi Mirip Erupsi 2006

    Sepanjang Juli, Neowise akan melintas langit ke arah barat dan pada pertengahan Juli dapat terlihat sepanjang malam di bagian bawah kaki langit.

    Di belahan Bumi utara, komet dapat terlihat di arah barat laut tak lama sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam sebagian besar bulan Juli, mengutip Viva.

    Baca Juga: Bongkar Kekerasan di RS Jiwa, Wartawan Ini Terpaksa Pura-pura Gila

    Walaupun komet ini dapat dilihat dengan mata telanjang, para ilmuwan merekomendasikan untuk melihatnya pada saat kaki langit cerah dan juga saat kondisi polusi rendah, sehingga dapat terlihat jelas.

    Fenomena ini dapat dilihat mulai tanggal 17 Juli di kawasan katulistiwa, namun mereka yang tinggal di belahan selatan harus menunggu sampai akhir bulan.

    Baca Juga: 5 Kasus Pembunuhan Sadis Jurnalis di Indonesia 

    Sejumlah pengguna media sosial di Amerika Serikat menggunggah apa yang telah mereka saksikan pada minggu pertama Juli.

    Salah seorang di antaranya, Darshan Shankar, melalui Twitter menulis, "Sangat beruntung, saat kondisi tanpa kabut di San Francisco, saya dapat memfoto Komet #neowise dari jembatan Golden Gate."

    Pengguna lain, Abdul harus mengendara keluar kota Boston untuk menangkap foto indah komet.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komet Paling Terang dalam 7 Tahun Terakhir Dapat Dilihat dari Bumi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar