Gubri: Peran Inspektorat dan APIP harus Diperkuat

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau, Syamsuar 

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa kedepannya peran dari inspektorat dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) di Provinsi Riau harus diperkuat.

    Ini bertujuan untuk mengawal kegiatan pelaksanaan pemerintah serta mengantisipasi adanya temuan-temuan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

    Terang Gubri, dengan diperkuatnya lembaga tersebut, jika terjadi kesalahan atau temuan yang tidak sesuai, maka APIP bisa memberitahu ke pihak terkait terlebih dahulu.

    "Jadi nanti diceknya, kalau ini salah, itu salah bisa langsung diperbaiki," katanya saat pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Inspektorat Riau yang baru di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Rabu (08/07/2020).

    Ia menyampaikan, sebelum dilantiknya kepala Inspektorat Riau yang baru tersebut, dirinya juga sempat bertemu dan menyampaikan harapan-harapan terhadap peningkatan kinerja Inspektorat dan APIP yang telah disahkan oleh Presiden RI.

    Gubri menyampaikan, terkait tindak lanjut dari temuan, ia berencana akan membuatkan sebuah aplikasi yang bisa dimonitoring langsung oleh Gubernur Riau, Wakil Gubernur Riau, serta Sekretaris Daerah Riau.

    "Saya berharap tentunya dari semua pimpinan OPD harus membantu dan mendukung agar tugas inspektorat dapat berjalan dengan baik," ucapnya.
     
    Sebut Gubri, jika peran dan fungsi pengawasan dapat berjalan baik, maka kinerja pemerintah juga akan baik dan para pejabat bisa bekerja dengan nyaman.

    Tambahnya, kalau misalnya ada laporan keliru, Inspektorat Riau akan langsung ke tempat bersangkutan menilai pekerjaan yang keliru atau yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan nantinya akan diberikan petunjuk bagaimana sebaiknya.

    "Harapan saya, bila nanti ada pengawasan tak perlu risau apa yang dilakukan oleh Inspektorat, kalau memang ada yang keliru nanti diberikan masukan," kata Gubri. (LK/MCR)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Gubri: Peran Inspektorat dan APIP harus Diperkuat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar