Tips Belanja Online Hindari Tertipu Diskon dan Jumlah Pembeli

Daftar Isi

    LancangKuning Manfaat akan terus berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi semakin hari semakin banyak kita rasakan. Tidak hanya memudahkan kita dalam banyak aktivitas pekerjaan, hadirnya teknologi juga memudahkan kita dalam berkomunikasi bahkan bertransaksi.

    Diantara kemudahan perkembangan dan kemajuan teknologi adalah ketika hendak berbelanja, dimana kita tidak perlu panas-panasan keluar rumah untuk menginginkan sesuatu. Cukup bermodalkan smartphone dan internet, anda bisa menjelajahi pasar dan mendapatkan kebutuhan kamu. Kemudahan tersebut saat ini tren disebut dengan belanja online atau online shop,

    Saat ini belanja dengan cara online memang sudah banyak diminati oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan setiap kita pernah mencobanya. Di masa pandemi atau penyebaran virus corona yang mengharuskan kita untuk berdiam di rumah saja, tentu saja belanja secara online akan lebih aman ketimbang datang ke lokasi seperti mall atau pasar.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Meskipun belanja online ini memiliki banyak kemudahan, namun sebagai konsumen tentu saja kita tetap harus hati-hati. Ditakutkan barang yang anda beli tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, karena banyak sekali barang yang di dapat tidak sesuai dengan foto yang di posting para penjual. Untuk itu, sebelum berbelanja online kamu harus pahami terlebih dahulu tips berbelanja online yang baik. Dilansir dari LifeIDNTimes berikut cara sederhana yang bisa anda lakukan ketika belanja online :

    1. Jangan fokus pada jumlah penjualan pada toko tertentu

    Ketika belanja online mungkin sering dari kita mentok kualitas barang berdasarkan jumlah yang terjual dari toko tersebut. Padahal jumlah barang terjual itu tidak menjamin kualitas barangnya bagus sesuai apa yang ditampilkan. Selain itu, toko online yang menawarkan harga murah adalah incaran para konsumen, karena memang kita menyukai harga murah sehingga bisa saja itu menjadi faktor kenapa toko tersebut memiliki jumlah penjualan yang banyak.

    Ketimbang hanya fokus pada jumlah penjualan, cobalah pertimbangkan kolom komentar alias penilaian orang terhadap produk tersebut. Jika kamu temui banyak sekali keluhan dari pembeli, maka sebaiknya mencari di toko lain meskipun harga mereka lebih mahal. Tidak ada salahnya membeli dengan harga sedikit lebih mahal apabila kualitas barang sudah terjamin. Biasanya harga barang ini berbading lurus dengan kualitasnya, meskipun tidak selamanya tapi setidaknya ini menjadi pertimbangan untuk kamu.

    1. Pilihlah metode pembayaran COD

    Terkait masalah pembayaran ketika berbelanja online ini sebenarnya tergantung pada pilihan masing-masing. Namun, jika memungkinkan adanya pilihan metode pembayaran dengan Cash On Delivery (COD) alangkah baiknya kamu menggunakan cara ini, yaitu membayar kita barang sudah sampai di rumah. Menggunakan sistem pembayaran COD setidaknya bisa mengurangi kemungkinan kamu tertipu ketika belanja.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Jangan mudah tergiur dengan cashback, voucher diskon, gratis ongkir dan lainnya

    Mendapatkan voucher diskon baik itu berupa cashback, gratis ongkir atau hal lainnya memang sangat menggiurkan. Meskipun demikian, kamu jangan sampai langsung tergoda jika belum mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang dibuat oleh toko. Untuk sebelum berbelanja dengan voucher sebaiknya melihat terlebih dahulu persyaratannya agar kamu tidak menyesal nantinya.

    1. Jangan membeli barang murah dalam jumlah sedikit

    Sebagai konsumen yang awam mungkin pernah mengalami hal ini, yaitu membeli barang yang murah atau kecil dalam jumlah sedikit. Seperti membeli kaos kaki, gantungan kunci, headset dan barang lainnya dengan cara satuan atau ecer sehingga memberatkan nantinya pada ongkos kirim. Sehingganya harga ongkos bisa jadi lebih mahal ketimbang harga mahal, nah ini justru akan membuat kamu mengeluarkan biaya mahal padahal niatnya ingin mendapatkan harga murah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Hindari membeli barang bajakan

    Poin terakhir ini memang harus menjadi perhatian sekali untuk kamu dimana sebagai konsumen yang cerdas jangan pernah membeli barang bajakan terlebih barang yang mempunyai hak cipta. Meskipun harganya murah yang disediakan olshop terpercaya, tetap saja jangan pernah membelinya karena itu sama saja dengan memperkaya pelaku pembajakan yang mencuri karya orang lain.

    Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika hendak bertransaksi secara online. Sebagai konsumen cerdas tentu kamu harus pintar-pintar ketika berbelanja agar tidak tertipu atau dirugikan oleh penjual. Selain itu sebagai pembeli kamu juga akan mendapatkan ragam keuntungan dan kemudahan hendaknya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Belanja Online Hindari Tertipu Diskon dan Jumlah Pembeli
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar