Kukerta Relawan UNRI Covid-19 Membuat Inovasi Hand Sanitizer Tanpa Sentuh

Daftar Isi

    Foto: Alat Hand Sanitizer Tanpa Sentuh dari Kukerta Relawan UNRI Covid-19 di Kelurahan Maharatu

    Lancang Kuning, PEKANBARU -- Rombongan mahasiswa  dari Universitas  Riau (Unri) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (kukerta) di Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai melaksanakan inovasi tempat Hand Sanitizer tanpa menyentuh tangan. Lazimnya tempat Hand Sanitizer yang di sediakan, hampir semua menyentuh tangan  bagi yang menggunakannya.

    Baca Juga: DPRD Siak Geram, PT Pelindo 1 Tidak Ada Itikad Baik Sambut Tamu

    Sepuluh  mahasiswa Unri yang diketuai oleh  Zikron Hirvan beserta anggotanya yakni Sonia Yournis, Tari Nefriani Mustika, Muhammad Varhan, Brillian Dio, Christian Kennedy ,Nuraliza, Reza Arisandi Nasution, Andrian Trimarta, Ronal Sitanggang mencoba melakukan terobosan membuat tempat Hand Sanitizer dengan menggunakan bahan ekonomis.

    Foto: Alat Hand Sanitizer Tanpa Sentuh dari Kukerta Relawan UNRI Covid-19 di Kelurahan Maharatu

    Penyaluran handsanitizer tanpa sentuh ini dilakukan pada hari kamis (18/06/2020). “Semoga alat dan temuan ini  bermanfaat untuk warga dan jamaah masjid Baiturrahman,” Ujar Zikron Hirvan.

    Baca Juga: Persiapan Menjelang Istana Siak Dibuka untuk Umum

    Tempat Hand Sanitizer yang menggunakan bahan pipa lazim dipergunakan oleh masyarakat. Selain berbahan ekonomis, alat ini mudah dibuat tanpa menyentuh tangan dan diinjak pakai kaki untuk menggunakannya.
    “Kami terinspirasi dengan melihat warga  yang mengikuti protokol kesehatan, tetapi masih ada kelemahan dengan pemakaian Hand Sanitizer yang disediakan  dengan banyak sentuhan tangan, “ucap Brilian Dio.
    Untuk mengisi kegiatan selama pandemi COVID-19, sepuluh mahasiswa yang melaksanakan Kukerta di Kantor Kelurahan Maharatu berharap temuan alat sederhana dan ekonomis ini dapat dipergunakan oleh masyarakat luas.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada  rekan-rekan mahasiswa yang telah menyumbangkan alat ini kepada masjid. Semoga ini menjadi inspirasi percontohan bagi tempat-tempat yang menyediakan Hand Sanitizer,” ucap pak Dasman sebagai pengurus masjid.

    Pak Dasman Juga berharap pemutusan mata rantai COVID-19 di Kota Pekanbaru cepat berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali.
    “Semoga New Normal ini,kota kita benar benar normal kembali sebelum wabah ini melanda,” pungkasnya.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selain melakukan penyaluran Handsanitizer di masjid. Tim Kukerta Relawan Covid-19 juga menyalurkan alat ini ke Kantor Lurah Maharatu. Alat ini langsung diterima oleh Pak Irvan Habibi sebagai staf lurah Maharatu.
    Penyaluran alat ini ke kantor lurah dikarenakan Kantor ini melayani puluhan hingga ratusan warga tiap hari nya. Oleh karna itu sebagai langkah pencegahan dan demi menerapkan protocol kesehatan terkait Covid-19 diharapkan alat ini bisa mencegah dan meminimalisir penyebaran Virus ini.

    “Terimakasih kami ucapkan kepada mahasiswa Kukerta untuk alatnya. Ini merupakan suatu bentuk sinergiritas dan pengabdian mahasiswa untuk masyarakat. Semoga kesinergian ini bisa terus berlanjut dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak” Ucap Pak Irvan. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kukerta Relawan UNRI Covid-19 Membuat Inovasi Hand Sanitizer Tanpa Sentuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar