Corona Mengganas, Beijing Lockdown. Bakal Muncul Gelombang Kedua Covid19?

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM,-Kasus penularan virus Corona baru atau Covid-19 yang sempat redup dan melandai di negara China, dalam beberapa hari terakhir kembali memperlihatkan grafik peningkatan.

    Bahkan, dilaporkan di Beijing, kasus virus Corona yang bermula di Provinsi Hubei, Wuhan ini semakin meningkat. Seorang pejabat kota Beijing mengatakan bahwa situasi wabah Corona di ibu kota China itu "sangat parah" dengan kemunculan kasus-kasus baru ini.

    Pada Selasa (16/6/2020) ini dilaporkan 27 kasus baru Corona tercatat di Beijing, sehingga kini total 106 orang telah dinyatakan positif COVID-19 di Beijing dalam lima hari terakhir.

    Otoritas Beijing pun telah menerapkan lockdown di hampir 30 kawasan di Beijing dan melakukan tes Corona terhadap ratusan ribu orang.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi bahwa lebih dari 100 kasus virus Corona (COVID-19) resmi tercatat dalam cluster penularan baru di Beijing, China. WHO pun memperingatkan negara-negara untuk tetap waspada untuk kemunculan kembali virus Corona.

    Seperti dilansir AFP, Selasa (16/6/2020), WHO menyatakan sejauh ini tidak ada kematian yang dilaporkan dalam cluster penularan Corona terbaru di ibu kota China itu. Namun, sebut WHO, melihat pada luas dan konektivitas wilayah Beijing, kemunculan cluster baru ini patut memicu kekhawatiran serius.

    "Bahkan di negara-negara yang telah menunjukkan kemampuan untuk menekan penularan, negara-negara itu harus tetap waspada pada kemungkinan kemunculan kembali," ujar Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam konferensi pers virtual.

    Seperti dilansir Business Standard, Selasa (16/6/2020), cluster penularan baru di pasar Xinfadi di Beijing terungkap setelah otoritas setempat menemukan 46 kasus tanpa gejala (asymptomatic) terkait pasar grosir itu, pekan lalu. Pada Sabtu (13/6) waktu setempat, otoritas setempat menutup pasar itu.

    Tes Corona secara massal juga digelar terhadap orang-orang yang bekerja atau pernah mengunjungi pasar Xinfadi sejak 30 Mei.

    "Pusat respons epidemi mengumumkan deklarasi darurat militer dan peluncuran mekanisme masa perang untuk mencegah penyebaran epidemi di Baoding," demikian pernyataan otoritas setempat pada Senin (15/6) waktu setempat.

    Kasus-kasus baru infeksi virus Corona terus dilaporkan di Beijing, China usai munculnya cluster baru dari sebuah pasar yang memicu tes Corona massal dan lockdown (penguncian) di sejumlah wilayah Beijing.(rie/dt)
     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Corona Mengganas, Beijing Lockdown. Bakal Muncul Gelombang Kedua Covid19?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar