Lombok International Airport, Angkat Nama Lombok di Dunia International Demi Tingkatkan Nilai Pariwisata Lombok

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bandara International Lombok atau lebih dikenal dengan nama barunya Lombok International Airport merupakan bandara yang ada di kota Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), penamaan baru ini telah dilakukan sejak 1 Januari 2016. Di mana bandara mulai beroperasi 1 November 2011 untuk menggantikan Bandara Selaparang yang sudah tidak lagi memenuhi kebutuhan penerbangan di daerah itu.

     

    Lombok International Airport memiliki luas 551 hektare dan panjang landasan pacu 2.750 meter. Jumlah penumpang pesawat melalui bandara ini sebanyak 2,7 juta pada 2015 dari kapasitas tiga juta penumpang per tahun. Pergantian nama bandara dari Bandara International Lombok menjadi Lombok International Airport, adalah dengan tujuan komersial dikarenakan Lombok merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, dengan demikian akan mengangkat nama Lombok di dunia International. 

    Pengubahan nama bandara dari Bandara Internasional Lombok menjadi Lombok International Airport tidak mengubah nama kode di International Air Transport Association (IATA/Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional), yaitu tetap menggunakan LOP. Lombok International Airport merupakan Bandara domestik dan internasional.

    Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I. Terletak persis di jantung pulau "eksotik" Lombok tepatnya di Jalan Tanak Awu, Kabupaten Lombok Tengah, Pulau Lombok.  Bandara ini terletak sebelah tenggara Kota Mataram ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat dan ± 8 kilometer selatan dari kota kecil Praya, ibu kota Kabupaten Lombok Tengah. Bandara ini dibangun dengan biaya Rp.625 miliar (US$73.100.000).

    Maskapai yang melayani rute domestik antara lain, Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Lion Air, Wings Air, Citilink, Sky Aviation, Trans Nusa Aviation, Indonesia Air Transport (Non Reguler), dan Travira Air (Non Reguler). Rute internasional dilayani oleh Silk Air dan AirAsia. Arsitektur bandara ini memiliki ciri khas rumah adat sasak, namun tentu saja menggunakan bahan-bahan modern baja galvanis. Dengan menggaungnya Lombok International Airport di mata wisatawan dunia akan menarik dan menambah wisatawan mancanegara ke pulau Lombok, Nusa Tenggara. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lombok International Airport, Angkat Nama Lombok di Dunia International Demi Tingkatkan Nilai Pariwisata Lombok
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar