Viral, Jasad PDP Corona Terguling dari Dalam Peti

Daftar Isi

     


    Foto: Korban Corona Meninggal Dunia

    Lancang Kuning – Sebuah video pemakaman jasad pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 menjadi viral. Dalam video tersebut terlihat peti jenazah terjatuh hingga membuat jasad pasien terguling ke liang kubur.

    Video pemakaman itu membuat heboh masyarakat Sumatera Selatan. Menurut informasi yang beredar, proses pemakaman pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona (Covid-19) itu terjadi di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

    Dalam video berdurasi 2 menit 53 detik tersebut, terlihat jenazah yang akan dikebumikan justru lebih dulu terjatuh dari dalam peti, sebelum dikeluarkan tim Satuan Tugas Covid-19.

    Dalam video yang beredar itu nampak tim Satuan Tugas Covid-19 yang dilengkapi alat pelindung diri hendak menurunkan peti berisi jenazah PDP dengan bantuan seutas tali.  Namun sebelum peti benar-benar sampai ke liang tanah, kayu yang menjadi penyangga tidak seimbang hingga terjatuh dan tutup peti pun terbuka. Seketika itu pula jenazah yang ada di dalamnya ikut terjatuh.

    Keluarga korban yang ada saat proses pemakaman tidak bisa menahan emosi. Mereka meluapkan amarahnya kepada para petugas.

    "Kurang ajar kalian. Kalau tidak bisa, bilang," cetus salah seorang keluarga korban.

    Terkait viralnya video tersebut, Ketua Satuan Tugas Covid-19 PALI, Junaidi Anuar, menyampaikan permohonan maaf. Dia menyebut bahwa proses pemakaman itu sebenarnya sudah berlangsung pada 22 Mei 2020 lalu.

    "Kejadian itu berlangsung pada 22 Mei. Kami mohon maaf, ini tidak ada unsur kesengajaan," kata Junaidi, seperti dikutip Sahijab dari VIVAnews, Jumat, 5 Juni 2020.

    Dia menjelaskan, petugas sebelum menjalankan tugasnya, sudah terlebih dahulu diberi pelatihan dan hingga simulasi. Bahkan, sebelum proses pemakaman masih dilakukan briefing.

    "Kedepannya kita akan lebih berhati-hati. Sekali lagi kami mohon maaf. Tidak ada unsur kesengajaan," ujarnya menegaskan. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Viral, Jasad PDP Corona Terguling dari Dalam Peti
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar