Pantai Anoi Itam Pulau Weh (Aceh), Keindahan Eksotis dan Bernillai Sejarah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pantai Anoi Itam, merupakan salah satu wisata pantai yang ada di Nagroe Aceh Darussalam. Namanya yang unik, sama halnya dengan kondisi pantai itu sendiri. Pantai Anoi Itam memiliki warna pasir yang berbeda dengan warna pasir pantai lainnya. Warna pasir pantai Anoi Itam ialah berwarna hitam. Yang mana Anoi berarti Pasir dan itam yang berarti berwarna Hitam.

    Pantai Anoi Itam selain kawasan pantai yang menarik, pantai ini juga terdapat peninggalan sejarah, seperti benteng peninggalan Jepang yang mana masih terjaga kelestariannya. Benteng Jepang ini merupakan benteng pertahanan Jepang dari serangan musuh baik laut maupun udara. 

     

    Pantai Anoi Itam merupakan salah satu pantai yang ada di Pulau Weh. Ia merupakan pantai yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di Pulau Weh, Aceh. Pasir khas hitam ini mungkin berasal dari gunung berapi kecil yang tengah aktif do tengah tengah pulau Weh. Pasir hitam pantai Anoi Itam memilli ciri khas seperti pasir vulkanis. Lokasi pantai Anoi Itam tidak jauh dari pelabuhan. 

    Lokasinya tidak jauh dari kota Sabang, sekitar 13 km. Keindahan eksotis pantai Anoi Itam menjadikan pantai ini dinobatkan sebagai pantai tercantik di Nusantara versi majalah Garuda Indonesia. Pasir hitam yang ada di pantai Anoi Itam memiliki berat yang berbeda dari pasir hitam di pantai pantai lainnya, memilki berat tiga kali lipat dikarenakan terdapat kandungan nikel yang tinggi yang menyusun komposisinya. 

    Keindahan pantai Anoi Itam juga bertambah menarik dengan adanya batu batu kapur yang berwarna putih di sekelilingnya yang menjadikan terlihat kontras dan memberi kesan sensasi tersendiri. Menikmati keindahan pantai akan sangat terasa di sore hari saat senja mulai menampakkan diri, dengan debaran angin yang kuat serta pemandangan gunung Seulawah yang juga menjulang di Aceh daratan menjadikan hal ini terkesan menarik dan rileksasi. Apalagi ditambah dengan pasir hitam yang dipijak tanpa beralaskan sandal. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pantai Anoi Itam Pulau Weh (Aceh), Keindahan Eksotis dan Bernillai Sejarah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar