Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Wisata Terlengkap dan Terpopuler di Papua Barat

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Wisata Taman Nasional yang mempesona kali ini kita menuju ke Taman Nasional yang ada di Papua. Siapa bilang wisata di Papua hanya di Raja Ampat saja. Masih banyak lagi wisata alam dan laut yang mempesona yang ada di Papua. Wisata itu bernama Taman Nasioanal Teluk Cendrawasih. Wisata ini kini menjadi perhatian khalayak ramai. Ini merupakan salah satu icon wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Papua.

    Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah Taman Nasional laut yang terluas di Indonesia. Dengan luasnya 1.453.500 Ha. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua Barat. TNTC meliputi pulau Mioswaar, Nuswori, Roon, Rumberpoon dan Yoop. Yang berada dalam wilayah kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. 

    Taman Nasional Teluk Cendrawasih mewakili ekosistem pantai, hutan mangrove, terumbu karang dan hutan tropis. Keanekaragaman flora dan fauna tersebar di daratan maupun lautan kawasan ini dan juga turut andil sebagai penyangga kehidupan. Melalui keputusan Menteri Kehutanan kawasan ini dinyatakan sebagai kawasan cagar alam laut pada tahun 1990 Dan setelahnya ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih melalui Keputusan Menteri Kehutanan pada tahun  1993. 

    Terdapat 150 jenis spesies dari 15 famili yang menyebar di tepian pulau pulau besar dan kecil. Ekosistem terumbu karang terbagi dua zona yaitu zona rataan terumbu (reef flat) dan zona lereng terumbu (reef slope). Di kawasan Teluk Cendrawasih ini kita bisa melihat berbagai macam karang seperti karang hitam (Antiphates sp), koloni karang biru (Heliopora coerulea), famili Faviidae dan Pectiniidae serta berbagai macam karang lunak.

    Juga terdapat berbagai spesies ikan, sekitar 209 jenis ikan sepert damselfish, butterflyfish, parrotfish, angelfish, rabbitfish, dan anemonefish. Juga terdapat Hiu Paus (whale shark), yaitu spesies hiu raksasa yang panjangnya mencapai 14 m. Namun jangan khawatir hiu ini jinak dan tidak berbahaya karena hanya memangsa ikan-ikan kecil. Dan juga terdapat ikan-ikan raksasa lainnya, seperti yaitu paus biru (Balaenoptera musculus ), Duyung (Dugong dugon ), ketam kelapa (Birgus latro), lumba-lumba, dan hiu. Dan berbagai jenis spesies lainnya. 

    Di kawasan ini juga terdapat goa alam yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang sedang menikmati keindahan Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Yang mana goa ini merupakan peninggalan zaman purba. Juga terdapat sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam, dan air terjun di Pulau Misowaar, gua dalam air dengan kedalaman 30 meter di Tanjung Mangguar. Wisawatan bisa melakukan berbagai jenis macam kegiatan untuk menambah asiknya petualangan dan liburan dengan suguhan keindahan alam Taman Nasional Laut Teluk Cendrawasih. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Wisata Terlengkap dan Terpopuler di Papua Barat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar