Berpetualang Ke Surga Keanekaragaman Hayati Taman Nasional Tesso Nilo

Daftar Isi

    LANCANGKUNING.COM - Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Taman nasional ini memiliki luas 38.576 hektare dan telah menjadi surga bagi berbagai macam flora dan fauna.

    Tesso Nilo merupakan hutan hujan dataran rendah terluas di Pulau Sumatra. Taman ini menjadi tempat tinggal bagi 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektar Taman Nasional Tesso Nilo.

    Taman Nasional ini juga merupakan kawasan konservasi gajah yang menjadi tempat tinggal bagi 60-80 ekor gajah. Selain itu, Tesso Nilo juga menjadi tempat pelestarian habitat Harimau Sumatra. Sedangkan tumbuhan yang terancam punah yang ada di Taman Nasional Tesso Nilo yaitu Kayu Batu, Kempas, Jelutung, Kulim, Tembesu, Gaharu, Ramin, Keranji, Meranti, Keruing dan lain sebagainya. Di Tesso Nilo juga terdapat berbagai jenis tumbuhan obat.

    Taman Nasional Tesso Nilo adalah kawasan fantastis bagi para pecinta alam. Di Taman Nasional ini kamu dapat menjelajahi hutan lebat, menunggang gajah yang sudah terlatih, mencari jejak sarang hewan, atau sekedar berkeliling menjelajahi hutan dan bertemu hewan liar serta pohon tua yang tinggi menjulang. Kamu dapat juga menggunakan cara kedua, yakni menyusuri Sungai Nilo dengan menggunakan perahu dan menikmati keindahannya. Sedangkan untuk menikmati keindahan Tesso Nilo dari ketinggian, kamu dapat menikmatinya di menara observasi Camp Flying. Dan untuk beristirahat, pondok Ranger adalah pilihan yang tepat.

    Jangan salah, walau menjadi surga bagi berbagai macam flora dan fauna, Tesso Nilo juga menjadi tumpuan hidup bagi masyarakat setempat, yaitu dengan mengambil madu lebah dari pohon sialang yang ada di kawasan Taman Nasional ini.

    Bagaimana? Tertarik ingin merasakan serunya berpetualang ke Taman Nasional Tesso Nillo?

    Sumber : Dari berbagai Sumber

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Berpetualang Ke Surga Keanekaragaman Hayati Taman Nasional Tesso Nilo
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar