Cara Jitu Untuk Dapatkan IPK 4

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Ketika kita sudah duduk di bangku kuliah, tentu saja metode pelajaran dan penilaian akan berbeda dari bangku sekolah. Dimana ketika sekolah kamu harus berjuang mendapatkan nilai tertinggi, kalau di bangku kuliah kamu harus berjuang mendapatkan Nilai Indeks Prestasi (IP) setiap semesternya. Nilai IP ini berskala 4 yang sangat penting sekali kamu usahakan semaksimal mungkin agar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ketika lulus nantinya juga bisa maksimal. Untuk penting sekali bagi kamu belajar dengan giat dan serius di awal semester hingga akhir agar bisa mencapai angka maksimal yaitu 4.0.

    Di awal kuliah tentu saja kamu masih dalam tahap membiasakan diri serta berusaha berhadaptasi dengan lingkungan. Memperoleh IPK 4 tentu belum terpikir bahkan terlintas di benak kalau itu tidak mudah. Meskipun demikian, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin. Ada beberapa hal bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan nilai terbaik sebagai mahasiswa yang dilansir dari ragam sumber berikut ini :

    1. Mengambil posisi duduk paling depan

    Memilih duduk di bangku paling depan tentu saja adalah salah satu cara paling utama dan harus kamu lakukan. Karena deretan orang yang duduk di depan itu biasanya adalah mereka yang memang serius untuk belajar. Berbeda di belakang terkadang mereka ada yang sibuk dengan hal lain yang membuat fokus kamu terbagi. Selain itu duduk di depan juga membuat kamu bisa mendengarkan penjelasan secara detail, dan ini juga akan membuat kamu fokus dengan materi yang disampaikan sang dosen.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Memiliki inisiatif tinggi serta aktif di kelas

    Setelah memilih duduk di depan, hal selanjutnya mesti kamu miliki adalah memiliki inisiatif untuk bertanya ketika kurang paham dengan materi yang disampaikan, selain itu juga aktif dalam menjawab pertanyaan. Memiliki inisitif dan aktif dalam bertanya maupun menjawab akan menambah wawasan kamu selain itu keaktifan juga menjadi parameter dosen dalam menilai.

    Meskipun kamu sangat antusias di kelas, tapi jangan lupa bahwa pertanyaan yang akan anda ajukan haruslah berbobot serta ada kaitannya dengan materi. Dengan pertanyaan yang berkualitas maka dosen tidak akan berfikir kalau kamu hanya ingin mendapatkan perhatiannya saja, melainkan memang serius belajar.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Datang tepat waktu dan berpakaian rapi

    Bangku kuliah memanglah berbeda dengan sekolah, ketika sekolah kita memiliki seragam sehingga pakaian kita mau tidak mau akan selalu rapi. Beda halnya di bangku kuliah, pakaian bebas dan fleksibel sehingga banyak mahasiswa bebas berkreasi dengan pakaiannya. Meskipun dalam berpakaian ini bebas tetap saja kamu harus memperhatikan kerapian dan kesopanan. Karena ada kalanya dosen menilai dari segi pakaian, selain itu dosen juga menilai dari segi kedisiplinan. Usahakanlah untuk datang tepat waktu, bahkan sebelum dosen masuk kelas.

    1. Menggunakan metode belajar sesuai dengan dirimu

    Setiap kita tentu saja memiliki metode belajar yang berbeda-beda, hal itu bertujuan agar bisa mendapatkan hasil maksimal. Diantara kebiasaan belajar para mahasiswa adalah suka belajar di malam hari, atau suka kebut semalam, suka belajar di siang bahkan ada yang suka belajar ketika hendak ujian saja. Begitu juga dengan kamu, tentu kamu mempunyai cara belajar sendiri. Untuk itu ketahuilah metode belajar yang nyaman sesuai dengan dirimu agar kamu bisa belajar secara maksimal dan mendapatkan hasil memuaskan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mengumpulkan tugas dengan cepat

    Hal ini sangat penting sekali kamu perhatikan, ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas juga menjadi perhatian bagi sebagian dosen. Bahkan seluruh dosen menyukai mahasiswa yang mengerjakan tugas dengan cepat. Jarang sekali ada dosen yang mau menerima tugas ketika sudah melewati waktu yang ia tentukan. Nah, ketika kamu telat mengumpulkan tugas bisa saja berdampak pada nilai yang kosong dan ini akan mempengaruhi IPK tentunya. Maka, tips sebagai mahasiawa baru tetap prioritaskan tugas dengan cepat dan jangan menunda-nundanya.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa baru agar mendapatkan nilai IPK 4.0. Untuk cobalah terapkan tips di atas, dan usahakan di semester awal untuk mendapatkan nilai tertinggi agar IPK nantinya tidak rendah ketika kamu lulus. Sehingganya kamu bisa membawa nilai terbaik ketika lulus nanti.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Jitu Untuk Dapatkan IPK 4
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar