China Setop Impor Sapi Australia, Kenapa?

Daftar Isi

    Foto: Impor daging sapi Australia ditangguhkan China. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- China menangguhkan impor dari empat pemasok utama daging sapi Australiasetelah mengancam memboikot Negeri Kanguru sebagai respons atas desakan penyelidikan asal usul virus corona.

    Duta besar China untuk Australia Cheng Jingye beberapa pekan lalu memperingatkan agar negara lain tak mendesak penyelidikan muasal wabah corona.

    Sementara Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham menyatakan pengiriman daging dari rumah potong telah ditangguhkan karena pelanggaran minor terkait dengan kesehatan dan syarat pelabelan sertifikat.

    "Kami khawatir penangguhan tersebut didasarkan pada masalah yang sangat teknis, yang pernah terjadi lebih dari setahun lalu," kata Birmingham.

    Baca Juga: Kisah Pelaut India Diculik Bajak Laut di Perairan Nigeria

    "Kami akan bekerja dengan industri dan otoritas di Australia dan China untuk mencari solusi yang memungkinkan bisinis ini berlanjut secara normal secepat mungkin," tambahnya dikutip dari AFP.

    Birmingham membantah pemerintah Australia menanggapi masalah perdagangan dengan pengusutan virus.

    Baca Juga: Kapolsek dan 7 Personil Kepolisian Disandera Warga, Begini Ceritanya

    "Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan pengaturan ekspor daging sapi Australia atau untuk gandum Australia dan lainnya. Kami tidak melihat ada hubungannya dan kami juga berharap tidak ada negara mitra lain yang akan melihat hubungan faktor-faktor itu," kata Birmingham.

    China merupakan pangsa besar daging sapi Australia, sekitar 35 persen ekspor diperuntukkan bagi Negara Tirai Bambu dengan nilai sekitar US$1,1 miliar.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selain itu, China juga ditengarai sedang mempertimbangkan menaikkan pajak bea masuk gandum Australia sebesar lebih dari 70 persen. Akhir April lalu, Duta Besar Jingye juga menyinggung impor anggur Australia.

    Para analis menilai langkah tersebut dapat memunculkan pertikaian antara Australia dan mitra dagang terpentingnya yang dapat meluas ke sektor-sektor lain di tengah perjuangan bangkit dari krisis ekonomi yang disebabkan pandemi corona.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Ketegangan kedua negara meningkat sejak Australia menyerukan penyelidikan independen terhadap epidemi virus corona yang bermula dari China dan kemudian menyebar menjadi pandemi ke seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 280.000 orang serta meluluhlantakkan ekonomi global.

    Sebelumnya, China dan Australia sudah berselisih terkait pungutan anti-dumping pada aluminium dan baja dari negara Asia Timur tersebut.

    Beijing pun gusar dengan pelarangan pembangunan jaringan 5G milik Huawei di Australia. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel China Setop Impor Sapi Australia, Kenapa?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar