Fakta Terbaru soal Presiden Korea Utara Kim Joung-Un

Daftar Isi

    Foto: Presiden Korea Utara, Kim Jong-un

    Lancang Kuning – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah mengirimkan sebuah pesan untuk menandai Hari Kebebasan Afrika Selatan, di tengah rumor bahwa dia telah meninggal dunia setelah menjalani operasi. Kim mengucapkan selamat kepada Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, pada hari libur nasional dan menyatakan keyakinan bahwa hubungan kedua negara akan semakin kuat.

    Pesan tersebut datang di tengah berbagai laporan mengenai kondisi kesehatan Kim Jong-un, yang dipicu oleh ketidakhadirannya dalam peringatan hari ulang tahun kakek sekaligus pendiri Korut, Kim Il-sung, pada 15 April lalu. Dia dilaporkan telah menjalani operasi jantung di sebuah rumah sakit swasta di Korea Utara, setelah pingsan awal bulan ini.

    Wakil Direktur HKSTV Hong Kong Satellite Television, Shijian Xingzou, mengatakan sumber terpercaya mengklaim Kim telah meninggal dunia. Sementara majalah Jepang, Shukan Gendai, melaporkan Kim berada dalam 'keadaan vegetatif'. Sebuah tim ahli medis dari China sebelumnya telah dikirim ke Korea Utara, terkait kondisi ini.

    Dilansir Metro, Selasa 28 April 2020, jika Kim meninggal maka kemungkinan saudara perempuannya Kim Yo-jong yang akan mengambil alih kepemimpinan Korea Utara. Selama ini, adik Kim Jong-un itu telah memberi pengaruh signifikan dalam pemerintahan.

    Meski demikian akhir pekan kemarin seorang pejabat tinggi Korea Selatan membantah laporan bahwa Kim telah meninggal dunia di meja operasi, dan menyatakan tidak ada 'perkembangan yang tidak biasa' di Korea Utara. Menteri Unifikasi Kim Yeon-chul mengatakan Korsel memiliki pengetahuan yang cukup, untuk percaya diri mengetahui apa yang terjadi di negara tetangga mereka. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fakta Terbaru soal Presiden Korea Utara Kim Joung-Un
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar