Bentuk Komunikasi Daring Sinkron

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Transmisi sinkron dan asinkron adalah dua metode sinkronisasi transmisi yang berbeda. Transmisi sinkron disinkronkan dengan jam eksternal, sedangkan transmisi asinkron disinkronkan oleh sinyal khusus di sepanjang media transmisi.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Perlunya sinkronisasi

    Setiap kali perangkat elektronik mentransmisikan data digital (dan kadang-kadang analog) ke yang lain, harus ada ritme tertentu yang dibuat antara kedua perangkat, yaitu, perangkat penerima harus memiliki beberapa cara, dalam konteks sinyal berfluktuasi yang diterima, menentukan di mana setiap unit data dimulai dan di mana itu berakhir.

    Metode sinkronisasi

    Ada dua cara untuk menyinkronkan kedua ujung komunikasi. Metode pensinyalan sinkron menggunakan dua sinyal yang berbeda. Denyut nadi pada satu sinyal menunjukkan kapan bit informasi lain siap pada sinyal lainnya.

    Metode pensinyalan tidak sinkron hanya menggunakan satu sinyal. Penerima menggunakan transisi pada sinyal itu untuk mengetahui laju bit pemancar ("autobaud") dan pengaturan waktu, dan mengatur jam lokal ke pengaturan waktu yang tepat, biasanya menggunakan penguncian fase-terkunci (PLL) untuk menyinkronkan dengan laju transmisi. Denyut nadi dari jam lokal menunjukkan kapan bit lain siap.

    Transmisi sinkron

    Dalam komunikasi sinkron, aliran data yang akan ditransfer dikodekan sebagai tingkat tegangan berfluktuasi dalam satu kabel ('DATA'), dan pulsa tegangan periodik pada kabel terpisah (disebut "JAM" atau "STROBE") yang memberi tahu penerima "bit DATA saat ini 'valid' saat ini dalam waktu".

    Praktis semua protokol komunikasi paralel menggunakan transmisi sinkron. Sebagai contoh, di komputer, informasi alamat ditransmisikan secara serempak pada alamat bit di atas bus alamat, dan strobe baca atau tulis dari bus kontrol.

    Baca juga : Sifat Asam, Basa dan Netral

    Logika diindikasikan ketika ada dua transisi dalam kerangka waktu yang sama dengan nol. Di Manchester, pengodean transisi dari rendah ke tinggi menunjukkan transisi dan dari tinggi ke rendah menunjukkan nol. Ketika ada satu atau nol berturut-turut, transisi yang berlawanan diperlukan di tepi kerangka waktu untuk mempersiapkan transisi dan sinyal berikutnya.

    Transmisi asinkron

    Pensinyalan asinkron yang paling umum, pensinyalan start-stop asinkron, menggunakan timing 'bit' yang hampir konstan (+/- 5% osilator lokal diperlukan di kedua ujung koneksi). Dengan menggunakan metode ini, penerima mendeteksi transisi tepi 'pertama' ... (bit START), menunggu 'setengah durasi bit' dan kemudian membaca nilai sinyal.

    Penundaan lebih lanjut dari satu 'durasi bit keseluruhan' dieksekusi sebelum bit data berikutnya 'dibaca' - mengulangi untuk seluruh kata seri keseluruhan (biasanya 7/8-bit data). Bit PARITY opsional mengikuti bit data dan mendahului bit berhenti. Akhirnya, satu atau lebih bit STOP ditambahkan untuk mengidentifikasi akhir kata data dan untuk memastikan ada sedikit transisi ketika bit START berikutnya ditransmisikan.

    Struktur kata yang digunakan dalam komunikasi serial asinkron adalah START-DATA [0: 7] -PARITY [opsional; 0] -STOP [0: 1]. Variabel pemformatan ini ditentukan saat mengkonfigurasi pengiriman dan penerimaan node sebelum komunikasi dilakukan.

    Durasi bit ditentukan dari 'bit rate' yang dinominasikan dalam bps ... 300, 1200, 9600, 19200, 115200 dll. Penggunaan kata BAUD tidak sepenuhnya benar dalam aplikasi modern saluran serial. Level & kondisi waktu khusus terdeteksi untuk mengidentifikasi kondisi sirkuit terbuka (BREAK).

    Alat Sinkron

    Alat sinkron memungkinkan komunikasi waktu nyata dan kolaborasi dalam mode "tempat berbeda waktu yang sama". Alat-alat ini memungkinkan orang untuk terhubung pada satu titik waktu, pada saat yang bersamaan. Alat sinkron memiliki keuntungan karena dapat melibatkan orang secara instan dan pada saat yang bersamaan.

    Kelemahan utama alat sinkron adalah, menurut definisi, mereka membutuhkan partisipasi waktu yang sama - zona waktu yang berbeda dan jadwal yang saling bertentangan dapat menciptakan tantangan komunikasi. Selain itu, mereka cenderung mahal dan mungkin membutuhkan bandwidth yang signifikan agar efisien. Berikut ini adalah alat sinkron yakni :

    • Konferensi audio
    • Konferensi web / Konferensi video
    • Obrolan / perpesanan instan
    • Naik putih
    • Berbagi aplikasi

    Alat Asinkron

    Alat Asinkron memungkinkan komunikasi dan kolaborasi selama periode waktu melalui mode "tempat berbeda waktu". Alat-alat ini memungkinkan orang untuk terhubung bersama pada kenyamanan dan jadwal masing-masing orang.

    Alat Asynchronous berguna untuk mempertahankan dialog dan kolaborasi selama periode waktu dan menyediakan sumber daya dan informasi kepada orang-orang yang langsung dapat diakses, siang atau malam hari. Alat Asinkron memiliki keuntungan karena dapat melibatkan orang dari berbagai zona waktu.

    Selain itu, alat asinkron sangat membantu dalam menangkap sejarah interaksi suatu kelompok, memungkinkan pengetahuan kolektif untuk lebih mudah dibagikan dan didistribusikan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kelemahan utama dari teknologi asinkron adalah bahwa mereka memerlukan beberapa disiplin untuk digunakan ketika digunakan untuk komunitas praktik yang sedang berlangsung (misalnya, orang biasanya harus mengambil inisiatif untuk "masuk" untuk berpartisipasi) dan mereka mungkin merasa "tidak personal" kepada mereka yang lebih suka -Sentuh teknologi sinkron. Berikut ini merupakan alat asinkron yakni :

    • Papan diskusi
    • Log web (Blog)
    • Olahpesan (email)
    • Streaming audio / Streaming video
    • Media sosial
    • Survei dan jajak pendapat
    • Tautan situs web.( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bentuk Komunikasi Daring Sinkron
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar