Demi Merah Putih, TNI Pakai 'Tali Kolor' Lawan Covid-19

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Tali Kolor

    Lancang Kuning, JAKARTA – Ada cerita menarik dari TNI AD terkait dengan mewabahnya Virus Corona COVID-19. Sebuah inovasi muncul dari sebuah pemikiran yang sederhana namun punya manfaat besar dalam memerangi penyebaran COVID-19. TNI AD membuat Alat Pelindung Diri (APD) dari bahan sederhana termasuk dengan menggunakan tali kolor (tali karet celana).

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Inovasi sederhana yang dilakukan Peralatan Kodam XII/Tpr (Paldam) tentu menarik untuk disimak. Lewat Kapaldam XII/Tpr Kolonel Cpl Octovianus Oskar E. S. I. P, ide awal pembuatan APD tersebut karena pihaknya mendapat perintah dari Pangdam XII/Tpr Muhammad Nur Rahmad ntuk membantu pemerintah setempat untuk melakukan penyemprotan disinfektan di Pontianak.

    “Ketika itu, kita akan menyemprotkan disinfektan di wilayah Pontianak. Terbersit ide untuk melindungi prajurit dari efek kimia yang terkandung di dalamnya, setidaknya bagian vital mata, hidung dan mulut.” ujar Kolonel Oscar lewat situs resmi TNI AD.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Masih menurut Kolonel Oscar, dari kegiatan itu pihaknya juga menemukan fakta baru bahwa beberapa APD ternyata menjadi langka dan harganya sangat mahal. Bahkan butuh waktu lama untuk mendapatkannya. Dari temuan itu, pihaknya punya ide untuk menyediakan APD dengan bahan yang sederhana.

    “Setelah dilihat-lihat, ternyata alternatif bahan yang dibutuhkan pun ada di sekitar kita dan prosesnya pun sederhana, bahkan untuk pengadaan bahan setiap APD hanya habis sekitar Rp8.000 yaitu dari karet celana atau tali kolor ditambah plastik yang agak tebal,” katanya, melansir VivaNews.

     Baca Juga: Viral Pasutri Kenakan APD saat Belanja di Supermarket, Kalau Takut di Rumah Saja

     

    Berbekal tali kolor dan plastik itu, akhirnya Oscar dan anggotanya berhasil membuat 500 APD bagi prajurit yang menyemprotkan disinfektan di Pontianak dan Satgas Pamtas RI-Malaysia serta mendukung kebutuhan APD Rumah Sakit Kartika Kodam XII/Tpr, RS Yarsi dan RS Antonius Pontianak.

    “Kami tahu, tenaga medis telah berjibaku. Siang malam, di tengah keterbatasan APD, mereka tanpa lelah membantu saudara-saudara kita yang tengah mengalami musibah terpapar Virus Corona. Kebetulan, kami memiliki personel dan sarana yang bisa diberdayakan. Secara pribadi, saya pun yakin, pada dasarnya semua pihak ataupun orang akan melakukan hal yang sama dan siap membantu para tenaga medis,” terang pria yang juga pernah berdinas di Kopassus tersebut.

    Baca Juga: Viral Pengemudi Ojol Masih Dikejar Debt Collector, Ini Kata OJK

    Dari pengalaman dan kondisi sulitnya memperoleh APD di Kalbar, Oscar yang pernah berdinas di Kopassus itu pun menargetkan setidaknya menyelesaikan 300 APD (Face Shield) bagi jajaran Puskesmas yang ada di Kubu Raya.

    “Kita sedang coba memberdayakan ibu-ibu Persit mengisi waktu luangnya ditengah Work From Home (WFH) bersama keluarga, untuk membuat masker atau APD secara mandiri. Selain mengatasi mahal dan sulitnya barang, target kedepannya mereka dapat memenuhi kebutuhan perlindungan bagi keluarga serta ikut berkontribusi menyumbang satu atau beberapa APD bagi para tenaga medis atau masyarakat,”kata lulusan Akmil 1996 tersebut. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Demi Merah Putih, TNI Pakai 'Tali Kolor' Lawan Covid-19
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar