Manfaat Komunikasi Daring

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Komunikasi online sangat lazim di masyarakat kita saat ini, dan itu adalah alat bisnis yang penting. Hampir setiap orang berpartisipasi dalam beberapa bentuk komunikasi yang dimediasi komputer (CMC). Ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang setengah dunia atau seseorang di ruang sebelah kita, mengirim pesan yang dapat dijawab nanti, atau pesan yang membutuhkan tanggapan segera.

    Dan, meskipun CMC sangat mudah, itu bisa diperdebatkan dalam hal efisiensi. CMC efisien karena cepat dan tidak terbatas oleh batasan waktu atau lokasi. Tapi, kita kehilangan lapisan kedalaman percakapan yang ditemukan dalam komunikasi tatap muka (FTF) ketika kita berkomunikasi secara elektronik, dan itu bisa mengarah pada interpretasi dan hasil yang tidak diinginkan. Bahkan konferensi video bukanlah pengganti lengkap untuk komunikasi FTF (Nguyen, 2008). Karena itu, CMC mungkin tidak selalu seefisien yang terlihat.

    Baca juga: Tempat Wisata di Riau

     

    Komunikasi adalah salah satu kebutuhan dasar kehidupan setiap orang. Berkat teknologi, dunia terus menjadi jauh lebih kecil dengan internet berkembang setiap hari. Sebelum dimulainya media digital, ada dua jenis komunikasi; verbal dan non-verbal. Kalau bukan karena peningkatan besar dalam teknologi, kita tidak akan pernah memiliki komunikasi online.

    Dengan kata sederhana, komunikasi online adalah sesuatu yang dinavigasi melalui berbagai gadget dan perangkat seperti laptop, ponsel, komputer, dll. Ada banyak manfaat komunikasi online ke dunia, dan dalam artikel ini, kami akan menyoroti beberapa di antaranya. Beberapa di antaranya adalah:

    1. Hemat biaya

    Salah satu manfaat terbesar media digital adalah hemat biaya dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa bepergian dari satu negara ke negara lain untuk bertemu orang yang dicintai jauh lebih mahal daripada panggilan video gratis di WhatsApp. Ada beberapa aplikasi panggilan video yang telah mengubah dinamika komunikasi online. Aplikasi seperti Skype, Viber, Facebook messenger, dan lainnya telah memperkenalkan panggilan video gratis yang menghemat biaya yang cukup besar.

    Baca juga : Manfaat Mempelajari Kewargaan Digital

    2. Panggilan video grup

    Ini merupakan perpanjangan dari manfaat yang telah disebutkan. Fitur konferensi kelompok memungkinkan beberapa karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain di web kapan saja dari mana saja di dunia. Jadi, jika Anda sedang berlibur selama rapat perusahaan, Anda selalu dapat masuk ke skype untuk bergabung dengan konferensi dengan kolega lain. Konferensi video grup telah menjadi fitur klise akhir-akhir ini di banyak aplikasi.

    3. Konektivitas yang mudah

    Dengan internet ada di mana-mana, bahkan di ruang publik gratis, mudah terhubung dengan orang-orang yang tinggal di belahan dunia mana pun. Dengan sekali tekan tombol Wi-Fi di ponsel Anda, Anda dapat terhubung dengan teman dan orang yang Anda cintai dalam nanodetik.

    Komunikasi online telah memungkinkan bisnis untuk berkembang jauh lebih mudah dibandingkan dengan menjadwalkan pertemuan dengan klien di bulan-bulan tertentu di tempat-tempat tertentu. Komunikasi online memungkinkan bisnis terhubung dengan klien mereka dengan cepat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    4. Meningkatkan inefisiensi

    Tidak ada jalan keluar dari kenyataan; ada banyak peningkatan efisiensi dalam pekerjaan dengan munculnya komunikasi online. Ketika sulit untuk berkomunikasi, pekerjaan sering kali berhenti, sehingga menyebabkan kerusakan dalam bentuk kehilangan pelanggan dan masalah lainnya. Manfaat media digital adalah karyawan dapat bertukar file dan dokumen penting secara online dalam waktu singkat. Jadi dengan bantuan alat-alat seperti e-mail, panggilan video, efisiensi bisnis modern telah meningkat.

    5. Ini telah meningkatkan interaksi sosial

    Ini adalah manfaat menarik dari komunikasi online yang terus berkembang setiap hari. Secara tradisional, orang akan menunggu untuk melihat orang-orang yang mereka cintai dari jarak jauh selama bertahun-tahun, tetapi sekarang mudah untuk melihat sekilas teman-teman mereka dalam hitungan detik. Dengan aplikasi pelacakan yang menarik, orang tua dapat mengetahui keberadaan anak-anak mereka dan menghubungi mereka kapan saja.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Komunikasi Daring
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar