16 Negara yang Masih Bebas Virus Corona

Daftar Isi

     


    Foto: Korea Utara (Ed Jones/AFP/Getty Images)

     

    Lancang Kuning - Di hadapan virus corona, tak ada negara yang kebal. Namun, kabarnya di 16 negara ini belum ada laporan kasusvirus Corona.

    Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, tak ada tempat aman untuk bersembunyi dari virus Corona atau Covid-19. Hanya saja, belasan negara disebut belum melaporkan adanya kasus corona.

    Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Rabu (2/4/2020), hingga saat ini ada sekitar 16 negara yang tersebar di Asia, Afrika dan Pasifik yang belum memiliki laporan virus corona.

    Asia

    Di benua Asia, kasus corona diketahui belum ada di Turkmenistan, Tajikistan dan Korea Utara atau Korut. Padahal seperti di Korea Utara, negara tetangga Korea Selatan sempat menjadi sumber epidemi beberapa waktu lalu.

    Afrika

    Di Afrika, belum ada laporan dari negara Lesotho, Sudan Selatan, Yaman, Sierra Leone, Burundi, dan Malawi. Semoga saja kondisi tersebut tetap demikian.

    Pasifik

    Sedangkan daftar negara di Pasifik yang disebut belum ada laporan corona adalah Tonga, Samoa, Vanuatu, Cook Islands (Keplauan Cook), Niue dan Tuvalu. Mungkin saja hal itu disebabkan oleh kondisi negara kepulauan yang jauh dari pusat epidemi.

    Pada Selasa lalu, Direktur Regional Pasifik Barat di WHO, Takeshi Kasai, mengatakan kalau masyarakat di kawasan Asia dan Pasifik belum boleh merasa lega. Setiap negara pun diminta untuk bersiap menghadapi virus corona.

    "Epidemi ini masih jauh dari selesai di Asia dan Pasifik. Ini akan jadi pertempuran jangka panjang," ujar Takeshi.

    Ditambahkan oleh Takeshi, bahwa negara-negara di Pasifik membutuhkan perhatian lebih. Keterbatasan tenaga dan ilmu medis akan membuat diagnosis dilakukan di negara lain. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 16 Negara yang Masih Bebas Virus Corona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar