Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Pertumbuhan adalah suatu ciri fundamental dari seluruh makhluk hidup. Pertumbuhan sering diartikan secara sederhana sebagai suatu pertumbuhan ukuran. Sebagai contoh, ukuran sel tumbuhan mungkin menjadi lebih besar pada saat menyerap air melalui proses osmosis, tetapi proses ini kemungkinan akan kembali ke ukuran asal dan oleh karenanya tidak bisa diartikan sebagai pertumbuhan yang sebenarnya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Pertumbuhan pada tumbuhan dibagi menjadi 2 bagian, antara lain:

    1. Pertumbuhan Primer

    Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang sangat dasar yang terjadi pada tumbuhan. Pada pertumbuhan primer terjadinya pembelahan oleh sel-sel pada jaringan meristem yang terus menerus yang menyebabkan adanya pertumbuhan primer itu sendiri pada tumbuhan.

    Letak jaringan meristem yaitu terletak di ujung akar dan ujung batang. Oleh sebab itu, pertumbuhan primer pada tumbuhan yang  dapat mempengaruhi ukuran akar dan batang pada tumbuhan yang terdapat pada pertumbuhan primer. Lapisan yang ada pada pertumbuhan primer antara lain yaitu terbentuk lapisan epidermis, korteks, xilem primer, floem primer juga empelur.

    2. Pertumbuhan Sekunder

    Disebut juga dengan meristem sekunder. Pertumbuhan ini dapat ditandai dengan melebarnya batang, penambangan lingkar tahun dan jaringan parenkim yang menghubungkan antara kulit kayu dengan empelur atau biasa disebut juga dengan jari-jari empelur.

    Sel - sel kambium yang membelah aktif terletak pada xilem dan floem. Sel kambium yang telah membelah ke dalam akan membentuk xilem sekunder sedangkan yang membelah ke luar akan membentuk floem sekunder. Pertumbuhan sekunder ini biasanya dipengaruhi oleh musim. Pada musim hujan aktivitas kambium akan meningkat. Sedangkan, pada musim kemarau aktivitas kambium akan menurun.

    Perkembangan

    Perkembangan adalah suatu proses yang terjadi pada masing – masing individu menuju tingkat kedewasaan. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dalam ukuran atau bisa dikatakan perkembangan memiliki sifat kualitatif. Perkembangan pada tumbuhan umumnya berlangsung seiring dengan pertumbuhan.

    Tumbuhan dikatakan dewasa apabila siap untuk melakukan fertilisasi. Dalam hal ini, pada dasarnya arti dari perkembangan makhluk hidup lebih tepat yaitu sebagai suatu perubahan berdasarkan mutu yang melibatkan suatu perubahan struktur serta fungsi yang lebih luas.

    Baca juga : Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

    Faktor

    Pertumbuhan pada tumbuhan juga tidak bisa dipisahkan dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Saat ini kita hanya membahas apa saja faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Beberapa diantaranya ialah:

    1. Nutrisi

    Makronutrien merupakan suatu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah banyak. Bagian Makronutrien di antaranya adalah karbon, oksigen, nutrigen, fospor, magnesium dan kalium. Sedangkan, mikronutrein adalah suatu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih sedikit dari yang biasanya. Contoh mikronutrien yaitu klor, besi, tembaga dan lain-lain.

    2. Cahaya Matahari

    Pada dasarnya cahaya matahari sangat memiliki pengaruh yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan hijau. Fungsi dari cahaya matahari yaitu untuk membantu proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan.

    Makanan yang dihasikan dalam proses fotosintesis inilah yang membantu pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Balasan dari tumbuhan pada cahaya matahari sangat mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan tersebut yang dikontrol oleh pigmen bernama fitokrom.

    3. Suhu

    Suhu juga menjadi salah satu yang mempengaruhi tumbuhan dalam proses fotosintesis. Mengatur proses penguapan yang terjadi pada daun merupakan cara tumbuhan untuk bertahan hidup dari suhu yang tidak tetap. Jika terdapat suhu yang lebih tinggi, biasanya tumbuhan akan meningkatkan proses evaporasi atau penguapan dan menurunkannya ketika suhunya lebih rendah.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    4. Kadar Air

    Air memiliki peran yang sangat penting dan termasuk juga kadar air dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Karena air yang mengatur laju pada proses fotosintesis dan mengedarkan hasilnya pada seluruh bagian tubuh sel tumbuhan.

    Demikianlah penjelasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Karena peran dari tumbuhan yang sangat penting bagi kehidupan, ada baiknya untuk kita menjaga kelangsungan tumbuhan.(Hidayat)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar