Kenali Gangguan Bipolar Pada Anak Sebelum Terlambat

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Gangguan bipolar dapat dikatakan bisa terjadi bergantung pada suasana hati. Karena yang mengalami gangguan adalah mental dengan ditandai adanya perubahan emosi begitu drastis. Seseorang yang mengalami hal ini biasanya merasakan suasana yang sangat menyenangkan sekali dan depresi.

    Pada umumnya masyarakat hanya mengira bahwa hal ini hanya bisa terjadi pada orang dewasa. Tekanan hidup yang tinggi dan ragam masalah bisa menjadi pemicu seseorang mengalami gangguan bipolar. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga bisa dialami oleh anak-anak yang masih dalam usia 6 tahun. Bisa saja mereka memiliki gejala bipolar yang tidak disadari dan tentu saja bisa berdampak buruk untuk perkembangan serta kehidupannya di masa akan datang.

    Gangguan bipolar pada anak ini sangat mungkin saja terjadi, sama halnya dengan orang dewasa. Pada anak-anak biasanya bisa merubah suasana hati mereka dari tingkat awalnya ceria atau hiperaktif ke tingkatan menjadi depresi atau sedih.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Memang merupakan hal yang wajar dan normal pada umunnya jika emosional dan perilaku pada kanak-kanak dan masa remaja ini tidak teratur. Banyak kasus membuktikan bahwa tidak semua hal perubahan perilaku sang anak tersebut termasuk pada masalah kesehatan hingga membutuhkan perawatan. Pasalnya wajar saja seoarang anak kadang merasakan pergolakan emosi misalnya gampang tersinggung, mudah sedih, marah, hiperaktif bahkan suka memberontak.

    Karena pada umumnya anak-anak memang memiliki suasana hati yang kadang tidak menentu, terkadang karena ada sesuatu yang menyakitkan di tubuhnya bisa merubah suasana hati sang anak. Begitu juga pada usia remaja, dimana mereka mengenal lebih banyak lingkungan dan pertemanan sehingga terasa seperti sebuah kewajaran saja jika moodnya berubah-rubah. Meskipun hal tersebut mungkin adalah sesuatu yang biasa, bukan berarti anda sebagai orang tua bisa lengkah.

    Cobalah amati dengan seksama terhadap perubahan sikap anak. Apabila anda sebagai orang tua menemukan segala hal tersebut dalam keadaan cukup parah bahkan berkelanjutan dan perubahannya cukup signifikan. Pada saat itulah anda harus waspada, karena mungkin saja anak bisa dalam situasi cukup serius. Untuk memudahkan para orang tua memahami kondisi mental sang anak sebelum terlambat, berikut beberapa tanda-tanda atau gejala bipolar pada anak-anak :

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    1. Sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan suatu hal
    2. Memiliki gangguan tidur atau tidak mau tidur (insomnia)
    3. Peruabahan suasana hatinya cukup parah dibandingkan perubahan suasana hati biasanya jauh berbeda.
    4. Bertingkah laku sembrono dan berisko bahkan tidak sesuai dengan karakternya
    5. Merasa dirinya lebih baik bila dibandingkan anak lainnya
    6. Berperilaku hiperaktif, agresif, implusif atau bahkan tidak pantas secara sosial
    7. Berkeinginan atau memikirkan untuk bunuh diri
    8. Hampir sepanjang hari atau hampir setiap hari suasana hatinya tertekan dan muda tersinggung dan itu berlangsung setiap hari selama episode depresi.
    9. Gejala yang dialami oleh anak-anak yang terdeteksi gangguan bipolar itu dalam episode yang berbeda. Di antara setiap episode tersebut sang anak akan kembali ke perilaku serta suasana hati sebagaimana mereka biasanya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Nah, itulah gejala yang mesti para orang tua waspadai terkait gangguan bipolar pada sang buah hati. Perbedaan yang paling menonjol antar gejala pada orang dewasa dan anak-anak adalah waktu setiap episodenya. Dimana pada anak-anak cenderung lebih cepat dalam jangka waktu satu hari, sedangkan orang dewasa bisa selama satu minggu bahkan hingga tahun.

    Ketika anda mengamati buah hati mengalami perubahan sikap atau suasana hati cukup serius, atau depresi dan masalah perilaku lainnya akan lebih baik anda segera berkonsultasi kepada dokter kesehatan mental khusus anak atau remaja. Pasalnya jika masalah gangguan pada mood, mental seperti gangguan bipolar atau masalah gangguan jiwa lainnya tentu saja akan sangat berefek tidak baik sekali untuk masa depan mereka.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kenali Gangguan Bipolar Pada Anak Sebelum Terlambat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar