Tipe Data Variabel dan Konstanta

Daftar Isi

    LancangKuning - Variabel, sesuai dengan namanya, adalah sesuatu yang memungkinkan nilainya bervariasi. Dalam pemrograman, kami menggunakan variabel untuk menyimpan data saat kami menjalankan program kami. Suatu variabel dapat dikontraskan dengan konstanta, yang nilainya tidak diizinkan untuk berubah.

    Dalam pemrograman, kami menggunakan konstanta untuk menyimpan informasi yang kami tahu tidak akan pernah berubah. Meskipun variabel dan konstanta mungkin terdengar sangat berbeda satu sama lain secara semantik, dalam kenyataannya, mereka sangat mirip.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kontanta
    Konstanta - untuk keperluan pemrograman komputer - terdiri dari dua hal: nama, dan nilai. Nama harus menggambarkan dengan jelas apa yang dimaksud dengan konstanta, dan lebih kurang jelas. Nilai adalah nilai aktual dari konstanta (misalnya, -273 untuk nol absolut, dan 3.600 untuk jumlah detik dalam satu jam).

    Dalam buku pemrograman ini, kita akan memberi nama konstanta kita dengan huruf besar. Ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi mereka dengan jelas sebagai konstanta segera setelah kita melihatnya dalam kode kita, dan dengan demikian dapat membedakan mereka dari variabel (yang ditulis menggunakan huruf kecil).

    Sebuah konstanta dibuat menggunakan kata const reserved, diikuti oleh tipe data konstanta, diikuti oleh nama konstanta, dan akhirnya, diikuti oleh tanda = dan nilai.

    Mari kita buat beberapa konstanta sehingga kita bisa melihat seperti apa bentuknya. Apa nama yang sesuai untuk konstanta dalam contoh di atas? Nama untuk variabel dan konstanta selalu tergantung pada programmer, tetapi berikut adalah beberapa saran:

    const int ABSOLUTE_ZERO_TEMP = -273

    const uint NBR_SECONDS_PER_HOUR = 3600

    Saat memilih nama untuk konstanta dan variabel, kita ingin menjadi ekspresif untuk mengurangi risiko ambiguitas, tetapi juga sangat baik untuk menggunakan singkatan untuk nama panjang, sehingga mereka tidak mengambil seluruh layar. Misalnya, "NBR" atau "nbr" adalah singkatan umum untuk "angka," dan yang Anda akan sering melihat.

    Baca juga : Pengertian Variabel Programmer

    Ada aturan lain ketika kita memilih nama: nama-nama harus hanya terdiri dari karakter alfanumerik, yaitu A-Z dan 0-9, serta garis bawah (_). Anda dapat menggunakan garis bawah untuk memisahkan kata dari satu sama lain sehingga mereka menjadi lebih terbaca.

    Inisialisasi

    Dalam istilah pemrograman, apa yang baru saja kita lakukan di atas adalah menginisialisasi dua konstanta kita. Ketika kita menginisialisasi konstanta (atau variabel), kita melakukan dua hal sekaligus:

    1. Kita mendeklarasikan konstanta: yaitu kita memberi tahu komputer tentang niat kita untuk menggunakan konstanta atau variabel dalam program, dan kita memberikannya nama dan tipe data sehingga komputer kita dapat mengalokasikan memori untuknya dan siap ketika kita benar-benar menggunakan Itu.    

    2. Kami menetapkan nilai konstanta. Untuk konstanta, nilai itu tidak pernah bisa diubah. Setelah kami jalankan program, mis. begitu komputer kita mulai mengeksekusi kode, konstanta telah terkunci dan tidak dapat diubah. Setelah eksekusi berakhir, kita dapat kembali dan mengubah nilai konstanta dalam kode kita, dan menjalankan kembali program untuk hasil yang berbeda.

    Variabel

    Variabel mirip dengan konstanta, tetapi perbedaan utama adalah bahwa sementara konstanta tidak dapat berubah setelah Anda menetapkan nilai, variabel dapat, dan seringkali tidak. Kita mendefinisikan variabel dengan cara yang sama seperti kita mendefinisikan konstanta, tetapi alih-alih menggunakan const kata yang dicadangkan, kami menggunakan var.

    Deklarasi

    Mari kita perkenalkan konsep yang disebut deklarasi. Deklarasi dapat dianggap sama dengan inisialisasi, tetapi tanpa memberikan nilai pada variabel. Ketika kami mendeklarasikan variabel, kami cukup menginformasikan komputer tentang niat kami untuk menggunakan variabel dalam program kami, sehingga komputer dapat mengalokasikan memori untuknya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kadang-kadang kita mungkin lebih suka untuk tidak memberikan nilai variabel kita segera, dan dalam beberapa bahasa, biasanya bahasa yang lebih tua, kita sebenarnya dipaksa untuk mendeklarasikan semua variabel kita di awal kode, terlepas dari di mana dalam kode kita bermaksud menggunakannya.

    Dalam bahasa yang lebih modern, praktik terbaik menunjukkan bahwa lebih baik mendeklarasikan / menginisialisasi variabel sedekat mungkin untuk penggunaan pertama mereka, sehingga konsep deklarasi tidak lagi signifikan seperti dulu.

    Namun, untuk tujuan pendidikan, mari kita deklarasikan variabel yang dirancang untuk menyimpan suhu saat ini:

    var int current_temperature

    Variabel itu sekarang tersedia untuk digunakan dalam kode kita, dan kita dapat mengubah nilainya sebanyak yang kita suka. Bahkan, nilai variabel sering kali diubah berkali-kali dalam suatu program - terkadang bahkan jutaan kali.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tipe Data Variabel dan Konstanta
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar