Manfaat Estetika Dalam Kehidupan Manusia

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Menurut etimologis estetika berasal dari bahasa latin yaitu aestheticus yang memiliki arti suatu perasaan atau segala hal yang bisa diserap oleh manusia melalui panca inderanya, menurut bahasa yunani estetika berasal dari kata aestheticos. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa pengertian estetika adalah suatu cabang dari ilmu filsafat yang di dalamnya berisi bahasan tentang suatu keindahan serta biasanya mencakup juga tentang seni dan juga alam semesta.

    Pengertian lain menyebutkan bahwa estetika adalah suatu bidang ilmu yang mana di dalamnya mempelajari tentang keindahan serta membahas soal keindahan, mulai dari bagaimana keindahan bisa disadari, keindahan bisa terbentuk serta keindahan bisa dirasa oleh manusia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sesuai dengan beberapa macam pengertian diatas, bisa disimpulkan bahwa estetika memiliki kaitan yang sangat erat dengan perasaan manusia tentang perasaan positif atau perasaan keindahan. Bukan hanya sebatas yang terlihat, keindahan tadi juga memiliki arti makna yang terkandung di dalam hal tersebut.

    Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

    1. Herbert Read

    Menurutnya estetika memiliki pengertian sebagai satu kesatuan dengan hubungan bentuk yang berada diantara pencerapan nafsu indera seorang manusia. Biasanya banyak orang yang menganggap estetika dikaitkan dengan seni, dan seni spontan akan selalu mengandung unsur keindahan. Hal ini adalah salah besar menurut Herbert Read karena sebenarnya seni tidak selalu mengandung keindahan di dalamnya.

    2. Dra. Artini Kusmiati

    Menurut Artini estetika memiliki pengertian sebagai keadaan yang memiliki hubungan antar sesama dan memiliki sensasi keindahan yang baru serta bisa dirasakan oleh seorang manusia jika ada perpaduan antar komponen yang terjadi secara teratur di dalam objek tertentu.

    Baca juga : Manfaat Amdal

    3. Bruce Allsopp

    Menurutnya estetika memiliki pengertian sebagai suatu ilmu pengetahuan yang mana di dalamnya berisi proses serta aturan yang diciptakan dari karya seni, dengan harapan supaya bisa menciptakan perasaan yang positif dan timbul pada seseorang yang melihatnya.

    Unsur-unsur Estetika

    1. Unsur Warna

    Unsur ini memiliki arti bahwa keindahan pada objek sangat dipengaruhi oleh suatu warna. Selain itu biasanya warna juga akan disesuaikan dengan orang yang memakai. Contohnya saja orang muda pasti akan berbeda style berpakaiannya dengan orang yang sudah tua.

    2. Unsur Motif Hias

    Unsur ini memiliki arti bahwa motif hias menggambarkan gambar atau pola yang tujuannya untuk hiasan di suatu produk atau objek. Pada dasarnya, tujuan ditambahkan motif hias adalah untuk menambah nilai dari estetika atau nilai keindahan pada produk atau objek itu sendiri.

    3. Unsur Bentuk

    Bentuk sendiri terdiri dari tiga dimensi serta dua dimensi. Pada dasarnya Bentuk sendiri memiliki daya tarik pada objek yang biasa disebut juga dengan shape. Bentuk dua dimensi terdiri atas foto, hiasan dinding, lukisan dan lain sebagainya. Dua dimensi tidak memiliki volume dan memiliki bentuk yang datar. Sedangkan tiga dimensi memiliki ruang, volume, serta kedalaman. Contoh dari tiga dimensi adalah tas, pakaian, patung dan lain sebagainya.

    4. Unsur Tema

    Unsur ini memiliki fungsi untuk menggambarkan suatu gagasan atau ide yang mana akan disampaikan kepembuat karya seni atau objek tersebut ke pada yang orang lain. Tema sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain yaitu budaya, letak geografis, adat istiadat, dan lain sebagainya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Manfaat Dari Estetika dalam Kehidupan

    Estetika memiliki manfaat dalam kehidupan untuk membuat manusia dapat menikmati arti dari keindahan dari seni dan selain itu estetika sendiri memang memiliki arti yang penting bagi manusia. Berikut manfaat dari estetika.

    1. Dapat membuat manusia bisa lebih memiliki rasa cinta dan kemudahan dalam apresiasi terhadap seni, budaya bangsa, serta alam semesta.
    2. Membuat ilmu pengetahuan manusia bertambah khususnya dalam bidang ilmu keindahan dan kesenian.
    3. Bisa untuk menambah bekal kehidupan psikologi dan spiritual supaya bisa memecahkan masalah dengan lebih baik.
    4. Membuat manusia menjadi lebih bisa berfikir secara sistematis.
    5. Bisa menjadikan ilmu pengetahuan manusia bertambah tentang unsur dari seni dan keindahan, dan juga faktor yang berada di dalamnya.
    6. Bisa juga untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan ke pengaruh-pengaruh buruk yang dapat memicu adanya niat merusak budaya dan seni lokal bangsa.
    7. Bisa untuk menambah ilmu pengetahuan manusia yang di dalamnya berisi unsur subjektif yang dapat berpengaruh kepada kemampuan manusia untuk menikmati keindahan dan seni.
    8. Bisa untuk melatih seseorang agar bisa menilai suatu karya seni agar dapat berdampak pada pengembangan budaya seni itu sendiri lebih maju.
    9. Adanya moralitas, kesusilaan, ketuhanan, dan keperimanusiaan dari manusia akan semakin kokoh.(Hidayat)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Estetika Dalam Kehidupan Manusia
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar