Cara Kerja Rangkaian Logika Kombinasional

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Logika Kombinasional Sirkuit adalah sirkuit logika digital tanpa output memori setiap saat hanya tergantung pada kombinasi input. Berbeda dengan rangkaian logika sekuensial yang outputnya tergantung pada arus input dan status keluaran sebelumnya untuk memberi mereka beberapa bentuk memori. Output dari rangkaian logika Combinasional hanya ditentukan oleh fungsi logis dari keadaan arus masukan, logis "0" atau logika "1", pada waktu tertentu.

     

    Hasilnya adalah bahwa sirkuit logika kombinasional tidak memiliki umpan balik, dan setiap perubahan dalam sinyal diterapkan untuk masukan mereka akan segera mempengaruhi output. Dengan kata lain, logika sirkuit Combinasional, output tergantung pada kombinasi input setiap kali. Dengan demikian rangkaian kombinasional tidak memiliki memori.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jadi jika salah satu status input perubahannya, 0-1 atau 1-0, maka output yang dihasilkan serta standar sirkuit logika kombinasional memiliki "tidak ada memori", "waktu" atau "umpan balik" dalam desain mereka.

    Logika Kombinasi

    Combinasional logika sirkuit yang terbuat dari dasar gerbang logika NAND, NOR atau BUKAN "ditambah" atau dihubungkan bersama untuk menghasilkan rangkaian switching yang lebih kompleks. gerbang logika ini adalah blok logika sirkuit konstitusi kombinasional.

    Sebuah contoh dari rangkaian kombinasional adalah decoder, yang mengubah data kode biner yang terdapat dalam input menjadi sejumlah jalur output yang berbeda, satu persatu menghasilkan kode desimal sama untuk output. Sirkuit logika kombinasi bisa sangat sederhana atau sangat rumit dan setiap sirkuit kombinasional dapat diimplementasikan dengan hanya NAND dan NOR gerbang karena digolongkan sebagai "universal".

    Tiga cara utama untuk menentukan fungsi kombinasional logika sirkuit adalah:

    1. Boolean Aljabar - Bentuk ekspresi aljabar menunjukkan operasi dari sirkuit logika untuk setiap variabel masukan, Benar atau Salah menghasilkan output logika "1".

    2. Tabel Kebenaran - tabel kebenaran mendefinisikan gerbang logika berfungsi dengan memberikan daftar ringkas yang menunjukkan semua status output dalam bentuk tabel untuk setiap kombinasi variabel input yang mungkin dihadapi oleh pintu gerbang.

    Baca juga : Dasar Dasar Mikrokontroler

    3. Logika Diagram - Ini adalah representasi grafis dari sirkuit logika yang menunjukkan kabel dan koneksi dari setiap gerbang logika individu, yang diwakili oleh simbol grafis tertentu, yang mengimplementasikan sirkuit logika.

    Klasifikasi Logika Kombinasi

    Salah satu penggunaan yang paling umum dari rangkaian logika kombinasional dalam jenis multiplexer dan de-multiplexer. Di sini, banyak masukan atau output dihubungkan ke jalur sinyal umum dan gerbang logika yang digunakan untuk memecahkan kode alamat untuk memilih input data tunggal atau switch output.

    Multiplexer terdiri dari dua komponen yang terpisah, logika decoder dan beberapa switch keadaan padat, tapi sebelum kita bisa mendiskusikan multiplexer, decoder, dan de-multiplexer lebih detail, kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana perangkat ini digunakan "beralih solid state "dalam desain.

    Switches Solid State

    Standar perangkat TTL logika yang terbuat dari transistor hanya dapat melewati aliran sinyal dalam satu arah saja membuat perangkat "uni-directional" dan tiruan dari saklar atau relay elektro-mekanis konvensional. Namun, beberapa perangkat yang dibuat dari CMOS beralih FET beralih bertindak sebagai "dua arah" hampir sempurna sehingga merek ideal untuk digunakan sebagai saklar solid state.

    Switch solid state tersedia dalam berbagai jenis dan peringkat yang berbeda, dan ada banyak aplikasi yang berbeda untuk menggunakan saklar solid state. Mereka pada dasarnya dapat dibagi menjadi 3 kelompok utama yang berbeda untuk aplikasi saklar dan logika kombinasional dalam bagian ini kita hanya akan melihat jenis saklar analog tetapi prinsipnya adalah sama untuk semua jenis, termasuk digital.

     

    Aplikasi Beralih Negara yg berbau busuk

    - Switch Analog - Digunakan dalam Transfer Data dan Komunikasi, Transfer Video dan Audio Sinyal, Instrumentasi dan Kontrol Proses Sirkuit ... dll

    - Switches -Digital - Internet Kecepatan Transmisi Data, Switching dan Routing Signal, Ethernet, LAN, USB dan Serial Transmisi ... dll

    - Sakelar Daya - Power Supply dan Beralih Aplikasi Umum "Standby Power", transfer Voltage dan Current Bigger ... dll

    Bilateral Analog Switch

    Analog switch atau "analog" adalah tipe yang digunakan untuk transfer data atau aliran sinyal ketika Anda berada dalam keadaan "ON" dan memblokir mereka sementara dalam keadaan "OFF". omset cepat di antara negara "ON" dan "OFF" biasanya dikontrol oleh sinyal digital yang diterapkan ke gerbang saklar kontrol.
    Analog switch yang ideal tidak memiliki nol resistensi ketika "ON" (atau tertutup), dan resistensi yang tak terbatas ketika "OFF" (atau terbuka) dan beralih ke nilai RON kurang dari 1Ω umumnya tersedia.

    Analog beralih Solid state

    Dengan menghubungkan MOSFET N-channel secara paralel dengan MOSFET P-channel memungkinkan sinyal untuk lulus di kedua arah menjadikannya sebagai "Bi-directional" switch dan apakah perangkat N-saluran atau P-channel membawa sinyal yang lebih saat ini akan tergantung pada rasio antara input dengan tegangan output. Kedua MOSFET dihidupkan "ON" atau "OFF" oleh dua penguat non-pembalik dan pembalik internal.

    Tipe Kontak

    Sama seperti switch mekanik, switch analog datang dalam berbagai bentuk atau jenis kontak, tergantung pada jumlah "kutub" dan "melempar" yang mereka tawarkan. Dengan demikian, istilah-istilah seperti "SPST" (tunggal tiang tunggal melempar) dan "SPDT" (single pole ganda lemparan) juga berlaku untuk solid-state analog switch dengan konfigurasi "make-sebelum-break" dan "break-sebelum-make" tersedia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Analog Beralih Jenis

    Switch analog yang terpisah dapat dikelompokkan bersama ke dalam suatu paket IC standar untuk membentuk perangkat dengan beberapa konfigurasi saklar SPST (single-tiang tunggal-throw) dan SPDT (single-pole double-throw) serta multi-channel multiplexer.

    Analog switch adalah yang paling umum dan paling sederhana adalah 74HC4066 paket IC yang memiliki empat switch "ON / OFF" dua arah independen dalam satu paket, tetapi varian yang paling banyak digunakan dari CMOS analog beralih digambarkan sebagai "Multi-cara Switches bilateral "atau dikenal sebagai IC" multiplexer "dan" De-multiplexer "dan ini akan dibahas dalam tutorial berikutnya.

    Gabungan Logic Ringkasan

    Kemudian untuk meringkas, Combinasional logika sirkuit terdiri dari input, dua atau gerbang logika yang lebih mendasar dan output. Ditambah gerbang logika sehingga keadaan keluaran sepenuhnya tergantung pada keadaan input. Kombinasional logika sirkuit memiliki "tidak ada memori", "waktu" atau "umpan balik", tidak ada operasi seketika. sirkuit logika kombinasi melakukan operasi logis ditugaskan oleh Boolean ekspresi atau tabel kebenaran.(Faisal)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Kerja Rangkaian Logika Kombinasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar