Tahun 2020, Jokowi Persiapkan Kredit Murah untuk Petani

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi Petani

    LancangKuning.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan petani, khususnya yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) untuk memanfaatkan program kredit usaha rakyat (KUR) dalam menjalankan usaha mereka. Fasilitas itu bisa dijadikan modal bagi petani menggarap perkebunan.

    Jokowi menjelaskan pemerintah menyiapkan dana Rp50 triliun untuk KUR di sektor pertanian pada 2020 ini. Angka itu naik dari serapan KUR sektor pertanian tahun lalu yang hanya Rp30 triliun.

    Baca Juga: Ridwan Kamil: Kabar Baik, Bahan Obat Corona Ada di Jabar

    "Pembiayaan KUR kami siapkan khusus hanya pertanian itu Rp50 triliun. Itu manfaatkan," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (12/3), seperti melansir CNN Indonesia.

    Ia meminta anggota HKTI untuk membuat proposal bisnis yang detail agar pengajuan KUR dapat diterima oleh perbankan. Misalnya, berapa dana yang dibutuhkan setiap bulannya dan setahun penuh untuk menggarap suatu perkebunan.

    Baca Juga: Anggaran Kemenhan Terbesar, Jokowi Minta Prabowo Efisien dan Bersih

    "Kebutuhan berapa miliar atau berapa triliun. Tapi bener-bener itu sebuah pekerjaan yang dilakukan dengan cara modern dan dikalkulasi dengan baik, sehingga memberi kepercayaan kepada perbankan," jelas Jokowi.

    Sebagai informasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat penyaluran KUR sepanjang tahun lalu mencapai Rp139,5 triliun atau 99,6 persen dari target yang sebesar Rp140 triliun.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Deputi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir merinci realisasi KUR tahun lalu diserap oleh 4,71 juta debitur di seluruh Indonesia. Realisasi dan target KUR sejak 2016 terus meningkat.

    Pada 2017, realisasinya mencapai Rp96,7 triliun dari target Rp110 triliun, menjadi Rp120,3 triliun pada 2018. Jika dilihat berdasarkan wilayahnya, penyaluran KUR terbanyak berada di Jawa Tengah sebesar Rp82,8 triliun, Jawa Timur Rp78,6 triliun dan Jawa Barat sebesar Rp59,7 triliun.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Lalu, penyaluran KUR di Sumatera Selatan sebesar Rp27,3 triliun, Sumatera Utara Rp20,2 triliun, dan Bali Rp17,7 triliun. Provinsi lainnya, yakni DKI Jakarta sebesar Rp15,8 triliun, Lampung Rp13,9 triliun, Jambi Rp13,5 triliun, dan Sumatera Barat Rp11,5 triliun. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tahun 2020, Jokowi Persiapkan Kredit Murah untuk Petani
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar