Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari Dalam Bidang Teknologi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kimia adalah cabang ilmu pengetahuan yang penting seperti biologi. Ini membantu dalam memahami prinsip-prinsip alam dan juga memungkinkan kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Kontribusinya terhadap manusia adalah seperti, dalam produksi makanan, pakaian, konstruksi rumah, mobil, kesehatan,teknologi, sanitasi dan pembersihan pertanian lingkungan hidup dalam industri.

    Makanan

     Kimia mendefinisikan makanan yang kita konsumsi sebagai karbohidrat, protein, dan lemak. Ini membantu kami mengidentifikasi asam lemak esensial dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Proses makanan seperti fermentasi molase untuk mendapatkan alkohol, memanggang dapat dipelajari dengan bantuan kimia. Dengan kimia kita dapat mengidentifikasi sifat warna, rasa dan pemanis yang ditambahkan ke makanan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Karena modifikasi kimia, kita dapat membuat pemanis yang tanpa karbohidrat demi penderita diabetes. Banyak bahan makanan dikemas tersedia di pasar. Mereka diawetkan dengan menggunakan pengawet yang disetujui untuk dikonsumsi. Pentingnya kimia

    Pakaian

    Sebelum pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia mengandalkan kapas, wol, dan sutra untuk produksi kain. Tetapi karena pengetahuan kimia, pakaian yang terbuat dari poliester tersedia. Selain itu, banyak warna dan pewarna juga digunakan untuk mendesain pakaian. Sifat kimianya juga dipelajari oleh kimia. Ini membantu untuk memilih warna atau pewarna yang dapat terurai secara hayati dan tidak berbahaya bagi tubuh.

    Bahan rumah

     Di masa lalu, rumah dibangun dengan kayu biasa, batu, tanah liat dan juga mortar. Lime digunakan sebagai lukisan putih. Tetapi karena teknologi kimia, manusia mulai membuat semen, beton dan bahkan cat, pernis, ubin, dll. Bahan-bahan ini memberikan kekerasan, keandalan, dan tampilan yang menarik untuk rumah dan konstruksi lainnya. Selanjutnya, mereka tahan debu dan tahan air. Misalnya, semen terdiri dari kalsium oksida, aluminium oksida, silikon dioksida, besi oksida dll.

    Mobil

    Mobil yang kita gunakan sehari-hari seperti mobil, pesawat terbang juga menggunakan beberapa pengetahuan kimia dalam teknologinya. Bahan bakar yang digunakan, oli mesin, asam dalam baterai semuanya terkait dengan kimia. Ada penelitian intens yang terjadi di departemen kimia di banyak universitas terkenal di seluruh dunia dalam mengeksplorasi teknologi bahan bakar hidrogen. Selain itu, kami menggunakan aluminium dalam pembuatan pesawat bukan besi karena beratnya lebih sedikit dan juga sangat tahan terhadap korosi.

    Kesehatan

    Kimia memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan. Pengetahuannya digunakan dalam diagnosis penyakit, pembuatan obat dan juga prosedur sterilisasi. Ada cabang kimia yang terpisah yang secara teratur digunakan dalam bidang kedokteran seperti kimia obat-obatan, kimia analitik, kimia anorganik, kimia organik, dan biokimia.

    Baca juga : Struktur Fisik Basis Data

    Teknologi elektronik

    Gadget teknologi seperti komputer, ponsel, dll. Menggunakan prinsip kimia untuk penyimpanan daya (baterai), paduan logam, penyolderan, pembersihan, tahan gores, dll.

    Sanitasi dan pembersihan

    Pembersihan rumah dan kantor dilakukan secara rutin. Ini melibatkan penggunaan fenol, alkohol, asam, dll. Bahan kimia ini tidak digunakan secara membabi buta untuk tujuan tersebut. Mereka lebih disukai berdasarkan mekanisme kimianya yang terlibat dalam pembersihan. Noda marker dapat dihilangkan dengan metanol tetapi tidak dengan air biasa. Noda berwarna kuat yang melekat pada wadah gelas dapat dihilangkan dengan mencuci dengan zat pengoksidasi. 70% alkohol bertindak sebagai antimikroba tetapi tidak kurang dari itu. Sementara konsentrasi yang lebih tinggi juga dapat merusak sel-sel kulit. Jadi, chemistry dari tindakan mereka dipertimbangkan secara khusus di sini.

    Pertanian

    Kimia digunakan secara luas di pertanian untuk meningkatkan hasil panen dan juga mempertahankan kondisi buruk. Pengetahuan kimia digunakan untuk mempelajari sifat tanah, pH, komposisi mineral, dan keberadaan elemen jejak. Air yang digunakan untuk irigasi dianalisis untuk mengetahui kimianya, yaitu berbagai garam dan senyawa lain yang tercampur di dalamnya. Karena tidak semua air cocok untuk pertanian; tes semacam itu dilakukan untuk memeriksa kesesuaian air untuk irigasi.

    Insektisida dan pestisida dibuat dari senyawa organofosfor. Mereka disintesis dengan reaksi kimia dan struktur molekulnya diketahui oleh para ilmuwan. Selain itu, hormon tanaman, enzim, dan persyaratan lain untuk pertumbuhan dijelaskan oleh kimia. Bahan inti tanaman juga dipelajari untuk komponen-komponennya. Komponen-komponen ini dieksplorasi untuk manfaat lain seperti dalam obat-obatan, pakaian, dll.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Dalam industri

    Banyak industri bergantung pada kimia untuk berbagai proses. Terutama industri yang terkait dengan farmasi, kertas, alkali, asam, sabun, dll. Banyak bahan limbah di industri ini dapat digunakan kembali untuk membuat barang berharga lainnya dengan pengetahuan kimia. Juga, kimia digunakan untuk memeriksa kemajuan reaksi dengan mengevaluasi produk-bi.

    Lingkungan

    Alam sekitar terbuat dari bahan yang berbeda seperti padatan, cairan, dan gas. Lingkungan dapat dipelajari dalam hal ini. Aspek-aspek seperti polusi, pemanasan global, gas diperiksa dengan menggunakan kimia. (Rinta)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Ilmu Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari Dalam Bidang Teknologi
    Sangat Suka

    75%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar