Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Beberapa jenis kendaraan dapat bergerak dan dapat berjalan karena pada bagian tertentu mesin ada atau terdapat reaksi kimia. Dari contoh tersebut kita dapat mengetahui bahwa ilmu kimia bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari salah satunya untuk transportasi, seperti sepeda motor, bus, dan mobil. Selain bermanfaat untuk transportasi ilmu kimia juga digunakan untuk mempelajari unsur-unsur yang terdapat pada bumi.

    Dengan mempelajari ilmu ini banyak penemuan yang telah berhasil dicapai. Seperti energi kimia gerak serta lainnya. Seperti contohnya energi kimia dari panel surya, semula berasal dari panas matahari kemudian karena terdapat energi dari reaksi kimia energi matahari dapat diubah menjadi untuk penerangan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Energi kimia dapat digunakan untuk kepentingan lainnya seperti  Energi kimia bermanfaat untuk  kehidupan sehari hari , Ilmu kimia memberikan banyak manfaat untuk kita semua dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia telah banyak dipelajari untuk dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu kimia sendiri telah banyak dikembangkan pemanfaatannya serta penggunaannya bagi kita.

    Kimia memiliki peran yang penting untuk kehidupan sehari-hari dan untuk bidang-bidang yang ada pada kehidupan manusia. Berikut ini beberapa bidang yang telah banyak diterapkan ilmu-ilmu kimia di dalamnya. Yang pertama ialah pada bidang makanan atau produksi makanan. Makanan saat ini yang telah diproduksi dan telah kita konsumsi terdapat campuran bahan kimianya, banyak tujuan dari pemasukan bahan kimia kedalam makanan seperti untuk pengawet agar makanan tahan lama, kemudian untuk menambah rasa yang khas.

    Untuk makanan yang dicampur atau telah ditambahkan bahan kimia terdapat hal positif dan juga negatif. Hal positif lainnya yaitu bahan kimia dapat memperbanyak gizi dari makanan yang sebelumnya. Berikutnya ialah dalam bidang tani dan ternak, pertanian dan peternakan telah banyak menggunakan ilmu kimia untuk beberapa kepentingan. Contohnya dalam perkebunan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur diperlukan pupuk.

    Baca juga : Macam Macam Power Tools

    Beberapa jenis pupuk telah banyak dicampurkan dengan bahan kimia. Selain itu perkebunan maupun pertanian pasti memiliki gangguan serta perusakan dari hewan. Oleh karena itu, ada beberapa pemilik perkebunan dan pertanian yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk dapat mengusir hewan-hewan yang akan merusak. Sedangkan untuk ternak atau hewan yang dipelihara akan memberikan perlindungan agar terhindar dari penyakit dan juga virus.

    Ilmu kimia bahkan dapat dikombinasikan atau digabungkan dengan ilmu biologi. Contohnya dalam lingkungan kita terjadi banyak proses biologi seperti terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan. Untuk mengetahui hal itu beberapa telah banyak menggunakan ilmu kimia untuk dapat mengetahuinya. Selanjutnya peran kimia untuk pengobatan, beberapa jenis obat telah banyak dicampur dengan bahan kimia, beberapa alasannya untuk pencegahan kerusakan dengan kata lain, obat yang dibuat tidak mengalami kerusakan atau tahan lama.

    Baca juga :  Tempat Wisata di Riau

    Ilmu ini juga digunakan para dokter untuk mengetahui penyakit yang dialami pasien. Ilmu kimia memberikan banyak manfaat terutama untuk hal pengobatan. Bahan kimia dan ilmu kimia bahkan telah ada pada hal kecil dalam kehidupan sehari-hari kita, contohnya untuk mencuci baju menggunakan pembersih dan pembersih ini terdapat bahan kimianya. Berikutnya agar pakaian wangi dan putih banyak yang telah menggunakan bahan kimia untuk menjadi campuran dari pewangi.

    Bahan kimia juga digunakan untuk mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Selain terdapat pada keseharian kita ilmu kimia telah banyak dikembangkan negara-negara maju maupun berkembang untuk kepentingan negara tersebut. Terutama untuk pertahanan dari negara, beberapa negara membuat beberapa senjata sebagai pertahanan dan perlindungan.

    Dan banyak dari senjata tersebut yang telah digabungkan dengan bahan kimia. Salah satu contohnya ialah bom yang terbuat dari nuklir. Benda ini memberikan efek atau akibat yang besar dan dapat berbahaya jika salah dalam menggunakannya. Dari banyak penjelasan diatas kita telah mengetahui bahwa ilmu kimia dapat berbahaya dan bermanfaat. Keduanya bergantung dari cara penggunaannya.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Contohnya
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar