Metode Sterilisasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sterilisasi adalah istilah luas yang mengacu pada proses apa pun yang menghilangkan atau membunuh semua bentuk mikroorganisme. Ini termasuk bakteri, jamur, virus dan protozoa termasuk bentuk spora mereka yang biasanya sangat tahan. Ini mengacu pada bentuk kehidupan yang ada di permukaan, di dalam cairan, obat-obatan, atau senyawa seperti buffer dan media kultur.

    Sterilisasi yang tepat mudah dicapai dengan kombinasi panas, tekanan tinggi, filtrasi, bahan kimia dan iradiasi. Sterilisasi dapat dicapai dengan kombinasi panas, bahan kimia, iradiasi, tekanan tinggi dan filtrasi seperti uap di bawah tekanan, panas kering, radiasi ultraviolet, sterilisasi uap gas, gas klor dioksida dll.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru 

    Teknik sterilisasi yang efektif sangat penting untuk bekerja di laboratorium dan kelalaian. dari ini dapat menyebabkan konsekuensi yang parah, bahkan bisa menghabiskan nyawa. Jadi apa saja metode sterilisasi yang paling umum dipakai di laboratorium, dan bagaimana cara kerjanya.

    Metode Panas: Ini merupakan metode sterilisasi yang paling umum. Panas digunakan untuk membunuh mikroba dalam zat tersebut. Tingkat sterilisasi dipengaruhi oleh suhu panas dan durasi pemanasan. Atas dasar jenis panas yang digunakan, metode panas dikategorikan ke dalam:

    1. Sterilisasi Panas / Uap Basah - Di sebagian besar laboratorium, ini adalah metode yang banyak digunakan yang dilakukan dalam autoklaf. Autoklaf menggunakan uap yang dipanaskan hingga 121–134 ° C di bawah tekanan. Ini adalah metode yang sangat efektif yang membunuh / menonaktifkan semua mikroba, spora bakteri dan virus. Autoclaving membunuh mikroba dengan hidrolisis dan koagulasi protein seluler, yang efisien dicapai dengan panas yang intens di hadapan air.

    Panas yang hebat datang dari uap. Uap bertekanan memiliki panas laten yang tinggi dan pada 100 ° C ia menyimpan panas 7 kali lebih banyak daripada air pada suhu yang sama. Secara umum, Autoclave dapat dibandingkan dengan pressure cooker khas yang digunakan untuk memasak kecuali dalam sifat bahwa hampir semua udara dikeluarkan dari autoclave sebelum proses pemanasan dimulai. Teknik sterilisasi panas basah juga termasuk pendidihan dan pasteurisasi.

    2. Sterilisasi panas kering - Dalam metode ini, spesimen yang mengandung bakteri terkena suhu tinggi baik dengan nyala, pembakaran atau oven udara panas. Flaming digunakan untuk perangkat logam seperti jarum, pisau bedah, gunting, dll. Insinerasi digunakan terutama untuk inokulasi loop yang digunakan dalam kultur mikroba. Ujung logam dari loop dipanaskan hingga memerah pada nyala api. Oven udara panas cocok untuk bahan kering seperti bubuk, beberapa perangkat logam, barang pecah belah, dll.

    Baca juga : Macam Macam Komponen SIG Dan Contohnya

    >>Filtrasi merupakan cara tercepat untuk mensterilkan solusi tanpa pemanasan. Metode ini melibatkan penyaringan dengan ukuran pori yang terlalu kecil untuk dilewati oleh mikroba. Umumnya filter dengan diameter pori 0,2 um digunakan untuk menghilangkan bakteri. Filter membran merupakan filter yang lebih umum digunakan daripada filter sintered atau seitz atau candle. Dapat dicatat bahwa virus dan fag jauh lebih kecil daripada bakteri, sehingga metode penyaringan tidak berlaku jika ini adalah perhatian utama.

    >>Sterilisasi radiasi: Metode ini melibatkan pemaparan bahan yang dikemas ke radiasi (UV, sinar-X, sinar gamma) untuk sterilisasi. Perbedaan utama antara berbagai jenis radiasi adalah penetrasi dan karenanya efektif. Sinar UV memiliki penetrasi rendah dan karenanya kurang efektif, tetapi relatif aman dan dapat digunakan untuk sterilisasi area kecil. Sinar-X dan sinar gamma mempunyai daya tembus yang jauh lebih besar dan karenanya lebih efektif untuk sterilisasi dalam skala besar.

    Namun, itu lebih berbahaya dan karenanya perlu perhatian khusus. Iradiasi UV secara rutin digunakan untuk mensterilkan interior lemari keselamatan biologis antara penggunaan. Sinar-X digunakan untuk mensterilkan paket besar dan muatan palet perangkat medis. Radiasi gamma umumnya digunakan untuk sterilisasi peralatan medis sekali pakai, seperti jarum suntik, jarum, kanula dan set IV, dan makanan.

    >>Metode sterilisasi kimia: Pemanasan memberikan cara yang andal untuk menghilangkan semua mikroba, tetapi tidak selalu tepat karena dapat merusak bahan yang akan disterilkan. Dalam hal itu, metode kimia untuk sterilisasi digunakan yang melibatkan penggunaan cairan berbahaya dan gas beracun tanpa mempengaruhi bahan. Sterilisasi efektif menggunakan gas karena mereka menembus dengan cepat ke dalam bahan seperti uap. Ada beberapa risiko, dan kemungkinan ledakan dan faktor biaya harus dipertimbangkan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Gas yang sering dipakai untuk sterilisasi adalah kombinasi etilen oksida dan karbon dioksida. Di sini Karbon dioksida ditambahkan untuk meminimalkan kemungkinan ledakan. Gas ozon adalah pilihan lain yang mengoksidasi sebagian besar bahan organik. Hidrogen peroksida, Nitrogen dioksida, Glutaraldehida dan larutan formaldehida, Phthalaldehyde, dan asam Peracetic adalah contoh lain dari bahan kimia yang dipakai untuk sterilisasi. Etanol dan IPA pandai membunuh sel mikroba, tetapi tidak memiliki efek pada spora.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Metode Sterilisasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar