PM Mahathir Mengundurkan Diri, Netizen Ramai Berspekulasi

Daftar Isi

     

     

    LancangKuning.com-Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad resmi mengundurkan diri setelah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah hari ini.

    Dilansir kantor berita Bernama, Senin (24/2/2020), kantor PM Malaysia telah mengonfirmasi bahwa Mahathir telah mundur sebagai PM. Dalam akun Twitter resmi Mahathir, pengunduran diri ini juga telah dikonfirmasi oleh kantor PM Malaysia.

    Netizen di Twitter pun beramai-ramai mengomentari keputusan yang mengejutkan ini. Ada yang kaget dan bingung, ada juga yang langsung berspekulasi siapa yang akan menjadi penerusnya.

    Berdasarkan pantauan  pada Senin (24/2/2020) trending topic Twitter Indonesia dan dunia dipenuhi oleh kata kunci terkait Mahathir. Di trending topic dunia, kata kunci 'Tun M' yang menjadi sapaan Mahathir berada di peringkat 12 dengan lebih dari 200 ribu cuitan.

    Sementara di trending topic Twitter Indonesia kata kunci seperti 'Malaysia' dibahas dalam lebih dari 383 ribu cuitan. Ada juga kata kunci lainnya seperti 'Anwar Ibrahim', 'Mahathir' dan 'perdana menteri' yang diramaikan puluhan ribu cuitan.

    Sebelumnya Mahathir telah berulang kali mengatakan bahwa dirinya akan mundur setelah Malaysia menjadi tuan rumah KTT APEC pada November tahun ini. Diketahui bahwa sebelum pemilihan umum Malaysia ke-14, Pakatan telah setuju bahwa Mahathir akan menjadi PM selama dua tahun sebelum kemudian menyerahkan jabatan tersebut kepada Presiden PKR, Anwar Ibrahim.

    Pengunduran diri Mahathir juga dilakukan setelah Partai Pribumi Bersatu Malaysi (PPBM) yang menaunginya memutuskan keluar dari koalisi pemerintah Pakatan Harapan (PH) yang berkuasa.

    Rencana keluarnya PPBM dari koalisi PH itu memicu spekulasi bahwa partai yang menaungi Mahathir itu akan bergabung dengan mantan musuhnya untuk membentuk pemerintahan baru dan menghalangi Anwar Ibrahim untuk menempati kursi PM Malaysia.

    Diketahui bahwa PPBM membentuk koalisi bersama Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang dipimpin Anwar, juga dengan Partai Tindakan Demokratis (DAP) dan Partai Amanah dalam pemilu 2018 untuk melengserkan koalisi Barisan Nasional yang dipimpin UMNO, yang saat itu diketuai eks PM Najib Razak.

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PM Mahathir Mengundurkan Diri, Netizen Ramai Berspekulasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar