Kemendes RI Berikan Bantuan Peralatan Pengolahan Kelapa Terpadu di Desa Inhil

Daftar Isi

    LancangKuning.Com - Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan peralataan pengolahan kelapa terpadu kepada Desa Sungai Ara Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir. 

    Kegiaatan yang berpusat di Halaman Paud  Mutiara, Desa Sungai Ara tersebut turut dihadiri Asisten ll Setda Inhil Rudiansyah, Direktur SPDA dan PSD TTG Kemendes RI Supriadi, Kepala BPMPD Yulisal, Pejabat daerah Inhil dan Camat Kempas. Rabu (07/12/16). 

    Pada kesempataan tersebut dilaksanakan penandatangan berita acara terkait serah terima bantuan peralataan pengolahan kelapa terpadu oleh Kemendes RI secara simbolis. Kemudian, setelah serah terima dilanjutkan penguntingan pita tanda dimulainya peresmian. 

    Asisten ll Setda Inhil Rudiansyah saat dimintai keterangan mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik atas bantuan tersebut dari Kemendes RI. Dimana saat ini Inhil merupakan sumber kelapa terbesar di dunia, dan ini patut diperjuangkan bersama-sama. 

    "Manfaatkan lah bantuan alat tersebut sebagai nilai tambah dalam pengolahan perekonomian, dan diharapkan dengan alat itu bisa memberikan kemudahan dalam proses pengolahan kelapa di Sungai Ara," ujarnya, Jumat (09/12/16). 

    Sedangkan, Kemendes RI yang diwakili Direktur SPDA PSD TTG Supriadi menuturkan, ini adalah salah satu tugas Kementrian dalam melakukan pembangun dan pemberdayaan masyarakat desa. Salah satunya memberikan bantuan peralataan pengolahaan kelapa terpadu dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. 

    "Dengan alat ini mudah-mudahan bisa mengkafer dalam pengolahan bahan baku kelapa yang ada di sekitar Desa Sungai Ara ini," katanya. 

    Menurutnya, peralataan tersebut bisa saja digunakan untuk menghasilkan beberapa produk turunan hasil kelapa. Seperti Produk PCO, Minyak kelapa, Asap cair, Sabut kelapa dan produk-produk yang berbahan kelapa. Ia bertekad akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat baik dari segi produksinya maupun pemasarannya melalui BLK Provinsi Riau.

    Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Yulisal, meninginginkan bantuan peralataan dari Kemendes RI bisa merata diseluruh desa di negeri hamparan kelapa dunia. 

    "Saya ucapkan terima kasih kepada Kemendes RI yang telah membantu Desa Sungai Ara dalam pengembangan produksi turunan berbahan kelapa," tandasnya. (Ydi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kemendes RI Berikan Bantuan Peralatan Pengolahan Kelapa Terpadu di Desa Inhil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar