PGRI Riau: Gaji Guru Harus Sesuai UMP Agar Sejahtera

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi

    LancangKuning.com, PEKANBARU -- Dewan Pakar Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Riau Juprizal S. Th.I.M.H  menilai pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan guru khususnya honorer. Untuk itu ia berharap gaji guru bisa disesuaikan dengan Upah Minimum Provinsi (UMP).

    "Kalau masih honorer belum sertifikasi kadang gajinya dibawah sejuta.  Sementara biaya hidup lebih mahal. Kalau masih lajang mungkin cukup, tapi kasihan mereka yang sudah berumah tangga," katanya kepada Wartawan, Rabu (29/01/2020).

    Baca Juga: Gedung Guru Riau Rusli Zainal Diresmikan

    Menurutnya, UMP Riau pada tahun 2020 sebesar 2,8 Juta Rupiah sudah sesuai dan diukur dengan standar kebutuhan pokok masyarakat Riau.

    Memang terdapat kepedulian pemerintah dengan memberikan uang sertifikasi dan insentif, namun ini tidak berlaku pada guru honorer. Juprizal sangat menyayangkan bila menemukan gaji guru di Riau hanya ratusan ribu.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    "Saya berharap disamping pemerintah memberikan insentif sesuai dengan undang-undang, juga dinaikkan sesuai UMP. Jadi makannya, sandangnya dan sewa rumahnya sudah terukur dalam UMP. Insyaallah sejahtera, tinggal pemerintah membantu kapasitas guru-guru agar kemampuannya meningkat dan gajinya juga meningkat," tambahnya.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Juprizal selaku bagian dari PGRI Riau menuturkan PGRI bertugas bagaimana mengadvokasi guru-guru yang kurang terperhatikan seperti dari gaji/honornya. (San/LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel PGRI Riau: Gaji Guru Harus Sesuai UMP Agar Sejahtera
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar