Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Setelah jerawat berhasil kempes, kini muncul satu masalah baru, yaitu noda bekasnya. Ya, jerawat sangat mungkin menyisakan bekas kemerahan atau kehitaman yang mengganggu penampilan. Bahkan, jerawat juga bisa meninggalkan bekas luka yang membuat tekstur kulit jadi tidak rata. Pertanyaannya, apakah terdapat cara menyamarkan bekas jerawat atau bahkan bisa hilang total? Dan, adakah cara ampuh nan efektif untuk menyamarkan bekas jerawat?

    Seluk-beluk bekas jerawat

    Bekas jerawat terjadi akibat reaksi peradangan yang muncul saat jerawat sedang aktif. Jerawat yang meradang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal, yang memicu produksi melanin berlebihan. 

    Melanin sendiri merupakan zat pewarna pada tubuh manusia. Bila diproduksi secara berlebihan, melanin dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Alhasil, munculah noda hitam atau kemerahan di wajah. Sementara reaksi peradangan yang parah dan berlangsung lama dapat menimbulkan kerusakan struktur jaringan penyokong kulit. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada proses penyembuhan kulit.

    Idealnya tubuh memproduksi kolagen untuk memperbaiki kulit yang rusak. Namun, bila tubuh hanya mampu memproduksi sedikit kolagen, maka terbentuklah lubang atau cekungan di kulit. Kondisi ini oleh orang awam lebih dikenal dengan sebutan bopeng. Jika kolagen yang diproduksi tubuh terlalu banyak, maka bekas luka jerawat yang terbentuk akan menonjol. 

    Lantas, bagaimana cara menyamarkan bekas jerawat ?

    Perlu diketahui bahwa tidak semua jerawat menimbulkan bekas. Bila cepat diobati dan peradangan yang terjadi tergolong ringan, biasanya jerawat akan sembuh tanpa menimbulkan bekas. Sekalipun ada, bekasnya cenderung tipis sehingga akan segera memudar. 

    Sebaliknya, bila peradangan yang terjadi begitu hebat, sangat mungkin jerawat meninggalkan bekas permanen seperti noda hitam maupun jaringan parut. 

    Beragam cara ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat

    Berikut beberapa pilihan cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat membandel di wajah:

    1. Lakukan perawatan kulit dasar

    Salah satu cara termudah untuk membantu menyamarkan atau menghilangkan bekas jerawat kemerahan dan kehitaman adalah dengan melakukan perawatan kulit dasar. Hal ini meliputi membersihkan, melembapkan, serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. 

    Usahakan untuk memilih produk skin care seperti sabun cuci muka, pelembap, dan sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan lupa, perhatikan pula kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya. 

    Pastikan Anda tidak membeli produk skin care yang bisa memicu reaksi alergi atau iritasi di kulit. Alih-alih mendapatkan kulit sehat bebas noda, penggunaan produk skin care yang tidak tepat justru semakin membuat kulit Anda semakin rusak. 

    2. Maskeran secara rutin

    Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda pakai masker wajah? Entah itu masker yang berbentuk sheetmask atau pasta, keduanya dapat membantu melembapkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat di wajah. 

    Namun, khusus untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan produk masker wajah yang mengandung niacinamide, kojic acid, arbutin, ekstrak licorice, dan ekstrak mulberry. Cara menyamarkan bekas jerawat satu ini sebaiknya digunakan bersamaan dengan produk skincare lain supaya hasilnya maksimal.

    3. Pakai gel penghilang bekas jerawat

    Menggunakan gel penghilang bekas jerawat juga bisa jadi solusi untuk mencegah sekaligus menyamarkan bekas jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

    Ketiganya dapat membantu menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang mengandung tiga bahan aktif tersebut juga punya kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat. 

    Sebelum menggunakan gel ini, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dulu sampai bersih. Lalu oleskan gel tipis-tipis pada bagian kulit wajah yang bermasalah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya. 

    4. Ubah pola makan

    Selain menggunakan produk skincare, Anda juga perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk menyamarkan bekas jerawat di wajah. Sebab, apa yang Anda makan setiap hari nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan kulit. 

    Mulai sekarang, coba kurangi atau bahkan hindari makanan berlemak dan tinggi gula. Meski nikmat, kedua jenis makanan tersebut dapat memicu dan memperparah peradangan di kulit. Sebaliknya, biasakan untuk makan buah dan sayur setiap hari. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit maupun tubuh. 

    Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih supaya kulit dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

    Sumber : hellosehat.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar