Enam Stadion Utama Disetujui FIFA Gelar Laga Piala Dunia U-20

Daftar Isi

    JAKARTA-Menggelar perhelatan akbar, Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang, federasi tertinggi sepakbola dunia akhirnya menyetujui enam stadion utama yang bakal digunakan untuk menggelar laga Piala Dunia U-20.

    Enam stadion yang dipilih FIFA tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

    "Semula FIFA hanya menginginkan empat stadion yang digunakan untuk menggelar piala Dunia U-20. Namun, PSSI dan pemerintah Indonesia berupaya melobi FIFA agar 6 stadion yang menggelar pertandingan," kata Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

    "Di luar stadion-stadion tersebut, masih harus disiapkan sejumlah stadion lain sebagai stadion pendukung," katanya seperti dikutip dari Tribunpekanbaru.

    Rencananya, perwakilan FIFA akan melihat langsung stadion yang telah ditunjuk itu pada Maret 2020 mendatang. Karena FIFA ingin memastikan bahwa setiap tempat harus memiliki sejumlah fasilitas pendukung wajib, salah satunya adalah lapangan latihan.

    "Tim FIFA akan melakukan inspeksi awal terhadap seluruh fasilitas infrastruktur stadion dan kelengkapannya. Makanya diharapkan sudah ada progress renovasi," tutur Gator.

    Piala Dunia U-20 akan digelar di Indonesia pada 24 Mei sampai 12 Juni 2021 mendatang. Pada ajang ini, juga akan diterapkan teknologi Video Assistant for Referee atau VAR. Dengan begitu, nantinya di setiap stadion yang menggelar pertandingan harus menyediakan satu ruangan khusus untuk VAR.

    "Sehingga memungkinkan setiap tim membiasakan dengan peralatan tersebut. Sebagai informasi, VAR akan didatangkan langsung oleh FIFA," tulis Kemenpora dalam informasi resminya.

    Selain itu, FIFA juga minta PSSI agar menjamin kehadiran penonton ke stadion mulai dari babak penyisihan. Setidaknya, di setiap laga harus ada minimal 10 ribu penonton. Jika tidak, maka PSSI harus mencari cara agar stadion tidak terlihat kosong.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Enam Stadion Utama Disetujui FIFA Gelar Laga Piala Dunia U-20
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar