Dampak Polusi Bagi Kesehatan dan Lingkungan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Polusi artinya pencemaran yang terjadi apabila ada polutan (objek yang menyebabkan terjadinya polusi) berupa zat energi, makhluk hidup maupun unsur lain kedalam lingkungan. Polusi dapat terjadi di setiap lingkungan atau ekosistem. Polusi dapat menimbulkan banyak masalah baik bagi lingkungan maupun kepada makhluk hidup yang tinggal dan hidup di lingkungan yang terkena polusi.

    Manusia yang tinggal di lingkungan yang terkena polusi akan terpapar polutan dan akan mempengaruhi kesehatan manusia tersebut. Polutan berupa organisme seperti virus dan bakteri dapat menginfeksi manusia dan menyebabkan berbagai penyakit sedangkan polutan berupa zat tertentu seperti zat kimia dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh manusia yang akan berpengaruh pada kesehatan manusia baik jangka pendek maupun jangka Panjang.

    Kejadian paling baru yang berkaitan dengan polusi adalah adanya polusi udara yang terjadi di beberapa daerah seperti di pulau Sumatra dan Kalimantan. Polusi udara menyebabkan ribuan orang harus mengungsi dan dilarikan ke rumah karena menderita gangguan pernafasan. Berikut pengaruh pencemaran terhadap kesehatan dan lingkungan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Polusi Udara

    1. Kesehatan Manusia

    Polusi udara terjadi karena adanya kebakaran hutan menghasilkan asap dan partikel kecil sisa pembakaran yang tersebar di udara. Polusi udara juga diakibatkan oleh sisa pembuangan gas kendaraan bermotor. Udara yang kotor ini kemudian di hirup oleh manusia sehingga mengganggu kinerja organ pernafasan manusia. Polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti ISPA dan kanker paru – paru.

    1. Lingkungan

    Polusi udara juga dapat meberi dampak negatif pada lingkungan. Berikut contoh pengaruh pencemaran udara terhadap lingkungan:

    • Kabut dan asap

    Kabut dan asap terjadi akibat kebakaran hutan dan emisi kendaraan bermotor. Peristiwa kabut asap gangguan penerbangan dan menghambat aktivitas manusia.

    • Hujan Asam

    Hujan ini berbeda dengan hujan biasa karena tingkat keasaman airnya berada di tingkat PH 5,6 ke bawah. Hujan asam dapat mengakibatkan larutnya mineral tanah, melarutkan logam berat, merusak jaringan tumbuhan dan dapat menurunkan derajat keasaman perairan.

    • Penipisan lapisan ozon

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

    Lapisan ozon melapisi bumi dari dampak langsung pancaran sinar matahari. Lapisan ozon dapat menipis akibat CFC(m api dan Dinitrogen Monoksida.

    Polusi Air

    Polusi air dapat diakibatkan oleh adanya mikroorganisme seperti virus dan bakteri di air yang digunakan oleh makhluk hidup. Polusi air juga bisa diakibatkan oleh adanya zat kimia berbahaya di air yang dapat disebabkan oleh limbah industri atau sisa pertambangan. Berikut pengaruh pencemaran air:

    1. Bagi Kesehatan Manusia

    Air yang mengandung mikroorganisme berbahaya dan zat kimia dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Air yang terkena polusi dapat menyebabkan penyakit seperti diare, hepatitis, polio, kolera, disentri, tifus, dan cacingan.

    1. Bagi Lingkungan

    Polusi air dapat menyebabkan berbagai masalah seperti:

    • Pencemaran air tanah dapat membuat air tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.
    • Polusi air di lautan dapat mengganggu hidup hewan seperti ikan, kerang, kepiting dan rumput laut.
    • Terjadinya eutrofikasi atau penimbunan nutrien yang mengakibatkan pertumbuhan alga yang berlebihan dan mengganggu pertumbuhan biota lain.
    • Terjadinya banjir karena penyerapan air oleh tanah berkurang akibat tumpukan sampah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Polusi Tanah

    Polusi tanah dapat diakibatkan oleh berbagai polutan seperti limbah berbahaya seperti logam berat maupun senyawa beracun. Dampak polusi tanah pada kesehatan manusia memang tidak dirasakan secara langsung. Namun, paparan zat kimia berbahaya dapat memberi efek jangka Panjang bagi keseharain manusia karena resiko penyakit seperti leukemia, peradangan pada berbagai organ tubuh dan penyakit lain. Dampak utama polusi tanah akan dirasakan oleh tumbuhan yang hidup bergantung pada tanah. Tanah yang tercemar oleh polusi akan turun kesuburannya dan mengganggu pertumbuhan tanaman.

    Polusi Suara

    Polusi ini oleh banyaknya mesin dan alat transportasi di sekitar kita yang menghasilkan suara bising dan dapat mengganggu pendengaran manusia.(Aldi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Dampak Polusi Bagi Kesehatan dan Lingkungan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar