GBMN-Meranti Bakti Sosial di Kecamatan Rangsang Pesisir dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur

Daftar Isi

    Foto:  Mukhtar. S.Si Ketua Komunitas GBMN Meranti dari Pekanbaru bersama Rombongan melakukan perjalanan menuju Nerlang desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur

    LancangKuning.com, Meranti -- Komunitas Gemar Berbagi Membangun Negeri (GBMN) Meranti melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) di desa sokop kecamatan rangsang pesisir dan di Nerlang desa Sungai Tohor Barat Kecamatan Tebing Tinggi Timur. Komunitas GBMN-Meranti merupakan kumpulan mahasiswa dan eks mahasiswa yang berasal dari meranti yang berkuliah dan bekerja di pekanbaru. Sejak tahun 2015 komunitas ini digagas dan sampai sekarang sudah melaku bakti sosial turun kepadalaman meranti 11 kali.

    Baca Juga: Jika Didukung Warga Jakarta, Risma Bersedia Maju Pilgub DKI

    Awal tahun 2020 ini komunitas GBMN Meranti yang berasal dari pekanbaru ini menggandeng beberapa lembaga kemanusiaan dan lembaga lainnya diantaranya ada Yayasan Fitrah Madani Meranti, Bank Riau Kepri, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau, Badan Waqaf Al-quran (BWA) Riau, Warkop Pinggiran 45 Pekanbaru, DKM Masjid Arfaunnas, dan lainnya.

    Foto: Armi Ketua Panitia Baksos ke 11 memberikan simbolis bantuan kepada Kepala Desa Sungai Tohor Barat Nurdiansor ditemanai ABuya dari Yayasan Fitrah Madani Meranti dan Relawan Izi Riau

    Baca Juga: Tepati Janji Politik, Anies Kasih Kunci ke Penghuni Rumah DP 0 Rupiah

    Berangkat pagi jumat 17 januari 2020 dari pekanbaru menggunakan transportasi darat Bus kemudian sampai pelabuhan sungai Rawa-Buton siak dijemput dengan menggunakan kapal dakwah yayasan fitrah madani meranti menuju kota sagu selatpanjang meranti. Bermalam dimasjid Agung Darul Ulum rombongan komunitas GBMN Meranti melaksanakan Iktikaf dan paginya Tausiyah bersama jamaah masjid agung darul ulum dengan pengisi tausiyah Ust. Baharuddin, LC yakni ustaz muda kelahiran 1992 dari pekanbaru yang menyelesaikan gelar LC nya di Kairo Mesir.

    Foto: Komunitas GBMN Meranti bersama warga nerlang

    Tepat pukul 08.00 Wib rombongan baksos melanjutkan perjalannya menuju desa sokop kecamatan rangsang pesisir dengan menggunakan kapal dakwal. Sekira 1 setengah jam perjalanan tibalah didermaga pelabuhan didesa sokop.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan para rombongan. Kemudian rombongan dibagi ke beberapa kelompok. Ada yang ke masjid untuk tabligh akbar, ada yang ke kantor desa sokop dengan aksi pelayanan kesehatan gratis dengan tim medis dokter dan perawat didatangkan dari pekanbaru dengan dibantu oleh bidan setempat, serta di sekolah SDN 12 Sokop satu Atap dengan agenda Pemberian Makan Tambahan,edukasi kebersihan dan pemberian hygient kit serta sagu hati peralatan tulis baca. Sorenya Komunitas GBMN melakukan demo pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar didepan masyarakat sokop. Kemudian diakhiri dengan penyerahan bibit tanaman seperti durian,kelengkeng, matoa dan lainnya.

    Foto: Penyerahan bibit secara simbolis kepada warga desa sokop

    Malam hari ahad komunitas menginap di musholla Munawaroh desa sokop dengan melaksanakan Tabligh akbar untuk para muallaf oleh ust. Mukhlisin Lc dan Ust. Baharuddin Lc dengan ditutup dengan pemberian sembako.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Paginya rombongan baksos bersama tim medis berangkat menuju RT 6 Nerlang desa Sungai Tohor Barat kecamatan tebing tinggi timur untuk melaksanakan baksos dititik terakhir di sekolah Marjinal Sekolah Luar Biasa Nerlang dengan agenda Pelayanan Kesehatan gratis dan edukasi kesehatan serta peduli pendidikan jendela pengetahuan bagi anak pedalaman. Agenda di nerlang diakhiri dengan pembagian sembako dan foto bersama.

    Sore harinya Ahad 19 Januari 2020 Rombongan Komunitas GBMN Meranti kembali ke Pekanbaru. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel GBMN-Meranti Bakti Sosial di Kecamatan Rangsang Pesisir dan Kecamatan Tebing Tinggi Timur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar